Anda Jomblo? Ini Lima Dampaknya pada Kesehatan


Senin, 23 Desember 2019 - 19:35:19 WIB
Anda Jomblo? Ini Lima Dampaknya pada Kesehatan ilustrasi jomblo.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa orang mungkin tidak keberatan untuk menghabiskan waktu sendirian. Tapi, jika kesendirian tersebut berbuah kesepian, mungkin akan berisiko membahayakan kesehatan. "Ada korelasi besar antara kesehatan dan kesepian," kata Norman Abeles, seorang profesor emeritus psikologi di Michigan State University di East Lansing, Michigan, dilansir dari Health.

"Kesendirian itu subyektif dan berhubungan dengan perasaan sendirian. Keterasingan sosial [dipisahkan dari] teman, anggota keluarga, dan jenis dukungan sosial lainnya, dan mungkin lebih objektif," tambahnya.

Berikut alasan mengapa kurangnya interaksi sosial yang berdampak pada kesepian dapat memengaruhi kesehatan kita.
1. Bisa meningkatkan tekanan darah
Menurut National Institute of Aging, orang yang kesepian sering memiliki tingkat tekanan darah sistolik yang lebih tinggi daripada orang yang tidak kesepian.

2. Terkait dengan depresi
"Kesendirian sering dikaitkan dengan perasaan depresi, kesedihan, dan penghindaran terhadap orang lain," kata Abeles. Salah satu tandanya adalah ketika sangat butuh perjuangan untuk menjalani rutinitas harian, mulai dari bangun di pagi hari, membereskan tempat tidur hingga membersihkan rumah. Itu adalah tanda bahwa kesepian Anda mungkin akan merosot ke dalam depresi.

3. Mengganggu tidur
"Tidak bisa tidur sangat umum terkait dengan kesepian," kata Abeles, sebagian karena orang yang kesepian mungkin lebih rentan terhadap kekhawatiran, yang dapat membuat mereka tetap terjaga di malam hari.

4. Meningkatkan level peradangan dalam tubuh
Orang yang lebih sosial cenderung memiliki tingkat interleukin-6 yang lebih rendah, sejenis protein yang telah dikaitkan dengan peradangan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer, rheumatoid arthritis, dan beberapa kanker, menurut National Institute of Aging.

5. Membuatmu lebih banyak duduk
Menjadi aktif secara fisik dapat meningkatkan suasana hati Anda, tetapi jika Anda kesepian, Anda mungkin tidak ingin berolahraga, kata Abeles. Ditambah lagi, katanya, orang yang kesepian atau tertekan dapat kehilangan nafsu makan dan tidak makan sebanyak yang pernah mereka makan.

Itulah 5 alasan kenapa kesepian dapat membahayakan tubuh. Jika Anda merasa kesepian, atau sedang mengalami tanda-tanda depresi, bicarakan dengan dokter Anda apakah Anda harus mencari bantuan tambahan. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 September 2020 - 16:37:12 WIB

    Anda Sering Sakit Kepala? Hindari 5 Makanan Ini agar Tak Makin Parah

    Anda Sering Sakit Kepala? Hindari 5 Makanan Ini agar Tak Makin Parah HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 50 persen populasi orang dewasa di dunia pernah mengidap sakit kepala. Meski terlihat sepele, namun sakit kepala juga termasuk penyakit yang cukup mengganggu bagi si penderita..
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 10:14:56 WIB

    Anda Menderita Sakit Maag? Ini Lima Makanan yang harus Dihindari

    Anda Menderita Sakit Maag? Ini Lima Makanan yang harus Dihindari HARIANHALUAN.COM - Bagi penderita maag, ada sederet aturan makan yang harus ditaati untuk mencegah lambung bermasalah. Pasalnya, beberapa kebiasaan makan yang salah, serta jenis makanan tertentu, bisa memicu gangguan lambung .
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 06:52:55 WIB

    Waspada! Bau di Tubuh Anda Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

    Waspada! Bau di Tubuh Anda Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Bau di salah satu bagian badan memang umumnya normal. Namun aroma tertentu, seperti bau badan hingga urine yang menyengat rupanya bisa menjadi tanda masalah kesehatan. .
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 08:28:41 WIB

    Anda Terkena Covid-19 tanpa Sadar? Ini Tanda-tandanya

    Anda Terkena Covid-19 tanpa Sadar? Ini Tanda-tandanya HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen kasus Covid-19 hanya bergejala ringan atau bahkan tak bergejala. Hal ini kerap membuat sebagian orang tidak sadar bahwa mereka sudah te.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 12:33:17 WIB

    Pahami 4 Tanda Daya Tahan Tubuh Mulai Melemah

    Pahami 4 Tanda Daya Tahan Tubuh Mulai Melemah HARIANHALUAN.COM - Sistem kekebalan tubuh merupakan garis perlindungan utama untuk melawan berbagai mikroba menular, salah satunya virus Corona COVID-19. Sistem kekebalan tubuh manusia bekerja sepanjang waktu untuk membuat tu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]