Pemkab Pasaman -TNI Kerja Sama Tanam Varietas Unggul di Panti


Senin, 23 Desember 2019 - 21:37:48 WIB
Pemkab Pasaman -TNI Kerja Sama Tanam Varietas Unggul di Panti WABUP Atos Pratama bersama Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo saat tanam padi dilahan milik Keltan Hilmah Maju Panti. IST

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wujudkan ketahanan pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman bersama TNI jalin kerjasama penanaman padi varietas unggul di lahan seluas 10 hektare di Sungai Jantan, Nagari Panti Utara, Kecamatan Panti, Senin (23/12).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Efriyanto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Korem 032 Wirabraja Padang. Penanaman padi pada demontrasi area (Dem-Area) seluas 10 hektar itu menggunakan aplikasi Bios 44.

"Lahannya yang dijadikan sebagai Dem Area milik Keltan Hikmah Maju di Panti Utara. Varietasnya, Impari 13. Menggunakan teknologi Jarwo 2:1. Estimasi panen 8 ton per hektar," ujar Efriyanto.

Dikatakan, bahwa BIOS 44 itu diproduksi oleh TNI, khusus untuk pertanaman padi sawah. Teknologi Bios 44 akan dipadu padankan dengan teknologi Jajar Legowo (Jarwo) 2:1 untuk meningkatkan hasil pertanian.

"Dengan memadukan dua teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi sehingga teknologi ini dapat dikembangkan oleh petani di Pasaman guna mencapai kesejahteraanya," katanya.

Sementara Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, kerjasama penanaman padi itu merupakan wujud dari komitmen Dinas Pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan bekerja sama dengan TNI.

"Kegiatan ini untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan pertanian, terutama dalam rangka percepatan pencapaian target UPSUS Padi, Jagung, Kedele, Bawang Merah dan Cabe (UPSUS PAJALE Babe) di Pasaman," ujar Atos.

Saat ini, kata Atos, Pasaman menjadikan sektor pertanian sebagai sektor yang harus menjadi perhatian serius dan prioritas. Karena sebagian besar penduduknya sangat bergantung pada sektor ini.

"Masyarakat Pasaman sangat menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan perikanan. Sekitar 70 persen PDRB Kabupaten Pasaman berasal dari sektor ini," katanya.

Pada sektor pertanian, kata Atos, ada beberapa program yang telah dilakukan, diantaranya di bidang tanaman pangan ada program pengembangan Padi, Jagung, Kedele (PAJALE). Di bidang peternakan ada program Upsus Sapi Induk Wajib Bunting (Program Siwab).

Di bidang perkebunan, ada pengembangan dan peningkatan produksi kopi arabika, pengembangan karet dan sawit, pala , gambir serta tembakau.

Untuk membantu petani mengolah lahan pertaniannya, Pemkab Pasaman telah memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada petani. Alsintan itu berupa, Hand Traktor, Traktor roda 4 (TR4), Pompa Air, Trans Planter, Threser Padi, Threser Jagung, Combain Harvester, drayer dan becak motor, serta alat tanam jagung dan coper.

"Kesemua alsintan ini diharapkan dapat mendorong percepatan tanam sehingga Indek Pertanaman ( IP ) dapat di tingkatkan, serta menekan biaya usaha tani dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani," imbuhnya. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 02:04:06 WIB

    Warga Nagari Kajai Terima Bantuan Sembako dari Pemkab Pasbar

    Warga Nagari Kajai Terima Bantuan Sembako dari Pemkab Pasbar Sebanyak 600 Kepala keluarga di Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, menerima bantuan Sosial Pangan, Program Sembako 2020 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)..
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 13:07:11 WIB

    Pemkab Pasaman Cegah Stunting dengan Nagari Pintar

    Pemkab Pasaman Cegah Stunting dengan Nagari Pintar PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kabupaten Pasaman terus berupaya menurunkan angka stunting yang terbilang tinggi di daerah itu. Anak dengan kondisi tubuh pendek (kerdil) tersebar di sepuluh nagari di enam kecamatan..
  • Ahad, 04 Agustus 2019 - 15:20:16 WIB

    Hidupkan BUMNag, Pemkab Pasaman Janjikan Honor Stimulus

    PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, sudah melakukan evaluasi terhadap sejumlah Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) bermasalah dan tidak beroperasi lagi di daerah itu. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]