Majelis Taklim Nagari Taluk Santungi Anak Yatim


Senin, 23 Desember 2019 - 21:40:39 WIB
Majelis Taklim Nagari Taluk Santungi Anak Yatim Wabup Zuldafri Darma saat itu langsung menyerahkan paket seragam sekolah. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Majelis Taklim Nagari Taluk menyantuni anak yatim piatu, Senin (23/12). Wabup Zuldafri Darma saat itu langsung menyerahkan paket seragam sekolah.

"Menyantuni anak yatim merupakan salah satu bentuk berbuat kebaikan. Syariat Islam mengharuskan agar anak yatim mendapat kasih sayang, kelembutan dan pendidikan yang baik. Kewajiban ini yang harus ditunaikan oleh umat Islam sebagai pengganti wali mereka yang sudah meninggal," kata Wabup.

Didasari syariat Islam tersebut, pengurus dan anggota Majelis Ta'lim Nagari Taluk Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo memberikan santunan bagi anak yatim dan anak-anak kurang mampu dengan berbagai perlengkapan sekolah dan melaksanakan khitanan massal, di Kantor Wali Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo.

Ketua Majelis Taklim Nagari Taluak Alius saat itu juga menjelaskan, berdirinya majelis taklim ini adalah dengan tujuan kemaslahatan umat dan juga untuk tujuan sosial kemasyarakatan, seperti menyalurkan infak, sedekah, zakat dan kegiatan lainnya seperti yang dilaksanakan hari ini, kegiatan pemberian santunan bagi anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu dan juga sunatan masal yang sudah menjadi agenda rutin tahunan.

Pada tahun ini  bantuan disalurkan untuk perlengkapan sekolah kepada anak kurang mampu dan yatim piatu sebanyak 116 orang dan melaksanakan sunatan masal sebanyak 31 anak dari dua nagari yaitu Nagari Taluk dan nagari Tigo Jangko.

"Dana untuk kegiatan ini dikumpulkan jamaah melalui sumbangan anggota majelis taklim, jamaah, donatur perantau dari berbagai daerah, pemakaian inventaris majelis taklim, jasa SPP Majelis Taklim, donatur dikampung, wakaf jamaah yasinan, kotak celengan masjid, dan kotak amal di toko-toko," kata Alius.

Tokoh perantau, Khailani yang hadir pada saat itu mengatakan rasa syukur dan kebangganya karena dapat berbagi dengan masyarakat di kampung halaman. Ia berharap kepada anak-anak yang mendapatkan santunan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ke depan semakin rajin solat dan baca Alquran, rajin belajar kejar prestasi.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang menghadiri silaturrahmi dan syukuran tersebut, berikan apreseasi dan rasa syukur atas kepedulian majelis taklim dan perantau yang telah peduli terhadap anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu.

Menurut  Zuldafri kegiatan ini sangat membantu pemerintah daerah khususnya masyarakat nagari Taluk dan nagari Tigo Jangko  dan terimakasih juga kepada perantau yang telah membantu meringankan beban pemerintah daerah.

"Kedepan pemerintah daerah tetap komit terhadap kualitas pendidikan, tidak ada istilah anak Tanah Datar putus sekolah, gara-gara tidak ada biaya, ini akan kita upayakan dengan berbagai cara," kata Wabup.

Wabup juga berharap, agar meningkatkan  semangat gotong royong, menjalin komunikasi yang harmonis dengan perantau, sehingga Tanah Datar ke depan akan lebih baik lagi dan Kepada anak yatim wabup berpesan, untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT seraya mendo’akan para dermawan agar diberi kelapangan rezeki.

Turut hadir pada acara syukuran dan silaturrahmi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Lintau Buo, Forkopimca, Tokoh Masyrakat dan Perantau serta tamu undangan lainnya. (h/fma)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 13:10:50 WIB

    Presiden Jokowi Dukung Pengembangan Majelis Zikir Babussalam

    Presiden Jokowi Dukung Pengembangan Majelis Zikir Babussalam PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ketua Umum DPP Majelis Zikir Babussalam, Boy Lestari, bertemu dengan Presiden Jokowi menjelang rombongan kepresidenan berangkat ke Jakarta, Jumat (9/2) sore. Pada pertemuan tersebut, Boy dan Jokowi .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM