Wagub Sumbar Targetkan Bandara Rokot Mentawai Bisa Tampung Pesawat Besar


Senin, 23 Desember 2019 - 00:00:35 WIB
Wagub Sumbar Targetkan Bandara Rokot Mentawai Bisa Tampung Pesawat Besar WAGUB Sumbar, Nasrul Abit (paling kanan), saat meninjau ulang Bandara Rokot, Kepulauan Mentawai, bersama Deputi Koordinasi Kemenko Maritim. IST

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Pemprov Sumbar dan Pemkab Kepulauan Mentawai terus berupaya melakukan pembenahan terhadap Bandar Udara Rokot yang saat ini masih berstatus bandara perintis. Salah satu upaya yang tengah dikejar adalah pengerjaan pelebaran dan menambah panjang landasan pacu, agar memadai untuk disinggahi pesawat jenis Airbus.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (NA) Datuak Malintang Panai, usai melakukan peninjauan ulang bersama Deputi Bidang Koordinasi Kemenko Maritim menyebutkan, saat ini sudah ada investor yang bersedia menanamkan investasi senilai Rp500 miliar untuk Mentawai, yang dapat diproyeksikan untuk pengembangan bandara yang berada di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan tersebut.

"Untuk sekarang bandara kita baru mampu menampung pesawat berbadan kecil jenis Cassa berpenumpang 10-15 orang. Dengan target memperpanjang landasan pacu hingga 1.600 meter dan pelebarannya, kita berharap pesawat besar dapat ditampung. Dampaknya tentu kunjungan wisatawan akan meningkat karena akses ke Mentawai semakin mudah," ujar NA, Senin (23/12).

Saat peninjauan bandara bersama tim dari Kemenko Maritim, sambung Nasrul, disepakati bahwa usaha pengembangan Bandara Rokot akan dikebut hingga 2022. Namun, pengembangan baru akan terlaksana setelah Pemkab Mentawai sudah memastikan ketersediaan lahan di lokasi pengembangan.

"Ada investor yang bersedia tanamkan modal Rp500 miliar ke Mentawai. Tapi harus diingat, lahan harus tersedia. Kalau sudah tersedia, pembangunan bisa dimulai pada 2021 dan akan rampung pada 2022. Jika lahan tidak pasti, bisa-bisa dana itu dialihkan ke Kabupaten Fak-Fak, Papua," kata mantan Bupati Pessel dua periode itu lagi.

Jika semua persiapan dan pembangunan dapat berjalan sesuai keinginan, sambung Nasrul, maka Bandara Rokot akan memiliki nilai tambah berupa pemandangan laut yang cantik, sehingga dapat persis seperti Bandara Ngurah Rai di Bali. Selain itu, bandara yang lebih representatif diyakini akan menderek pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

"Oleh karena itu, kami mintak camat dan kepala dusun untuk lebih menggiatkan sosialisasi ke tengah masyarakat tentang rencana pengembangan bandara ini. Dengan bandara yang lebih baik, serta Trans Mentawai dan KEK Mentawai yang juga berproses, Mentawai akan lebih baik dan segera keluar dari kategori daerah tertinggal," tutup NA. (h/rel)

loading...
 Sumber : rilis/ishaq /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]