Wajib Tahu! Jangan Tengkurapkan Bayi Sebelum Mereka Bisa Sendiri


Selasa, 24 Desember 2019 - 10:09:32 WIB
Wajib Tahu! Jangan Tengkurapkan Bayi Sebelum Mereka Bisa Sendiri ilustrasi bayi tengkurap.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM --  Menurut data, diperkirakan 3500 bayi meninggal ketika mereka tertidur, atau dapat disebut dengan sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Tidak heran jika orangtua menjadi lebih protektif dan membuat pilihan teraman untuk bayi ketika mereka tidur. Misalnya, mencari tahu kapan bayi diperbolehkan tidur tengkurap.

Menurut Charles I. Shubin, MD , FAAP, seorang dokter anak dari Mercy Family Care Physicians, saat yang tepat untuk menengkurapkan bayi adalah ketika mereka sudah bisa membalik tubuhnya sendiri.

Bayi akan mulai bisa membalikkan tubuhnya sendiri pada usia sekitar empat hingga enam bulan. Ini menandai bahwa otot kaki, lengan, dan lehernya semakin kuat.

Oleh karena itu, mereka akan bisa menempatkan diri kembali ke posisi tidur yang aman, bahkan saat mereka tengkurap. Jadi, orang dewasa tidak perlu mengembalikan mereka ke posisi telentang.

Faktanya, semakin mereka dapat membalik tubuh sendiri justru semakin bagus. Sebab, stimulasi ini akan membuat otot-otot lehernya semakin kuat dan meningkatkan kontrol terhadap kepala.

Cara lain untuk memperkuat otot leher dan bahunya adalah saat mereka bermain dalam posisi tengkurap untuk beberapa waktu. Namun, jangan pernah meninggalkan bayi dalam keadaan ini sendiri tanpa pengawasan.

"Ketika mereka mendapatkan kontrol kepala yang lebih baik, mereka dapat menggerakkan kepala mereka," tutur Dr Shubin, melansir Insider.

Karena itu, kemungkinan orangtua akan memperhatikan mereka lebih suka tidur tengkurap. Tetapi, jangan terlalu sering membuat mereka tidur dalam posisi ini sampai usia satu tahun.

"Risiko SIDS berkurang pada usia satu tahun, jadi setelah itu, boleh saja bayi tidur tengkurap," kata Gina Posner, MD, dokter anak di Memorial Care Orange Coast Medical Center.

"Pada usia ini, bayi biasanya memiliki kontrol kepala yang baik dan cukup dapat menggerakkan kepalanya sehingga mereka tidak mati lemas," tutupnya. (*)

loading...
 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 07:41:31 WIB

    Wajib Tahu! Masker Kain Standar SNI hanya Bisa Digunakan 4 Jam

    Wajib Tahu! Masker Kain Standar SNI hanya Bisa Digunakan 4 Jam HARIANHALUAN.COM - Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengeluarkan persyaratan soal masker kain Standar SNI untuk pemakaian sehari-hari menghindari infeksi virus Covid-19. Satu hal yang perlu diketahui masker kain standar SNI .
  • Ahad, 06 September 2020 - 07:53:30 WIB

    Wajib Coba! 11 Obat Tradisional untuk Mengobati Biduran Kronis

    Wajib Coba! 11 Obat Tradisional untuk Mengobati Biduran Kronis HARIANHALUAN.COM - Biduran merupakan salah satu penyakit kulit yang rasa gatalnya tidak tertahankan. Lantas, apa sih penyebabnya?..
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 16:44:28 WIB

    Wajib Tahu! Ini Kesalahan Memasak Daging yang harus Dihindari

    Wajib Tahu! Ini Kesalahan Memasak Daging yang harus Dihindari HARIANHALUAN.COM - Hari raya Idul Adha adalah momen dimana masyarakat bisa menikmati daging. Namun, ada beberapa kesalahan saat orang-orang memasak daging. Kesalahan dalam mengolah daging dapat membuat daging keras dan menimb.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 18:59:01 WIB

    4 Penyebab Iritasi pada Selangkangan, Wanita Wajib Tahu

    4 Penyebab Iritasi pada Selangkangan, Wanita Wajib Tahu HARIANHALUAN.COM - Selangkangan merupakan salah satu area yang selalu tertutup dari beberapa jenis pakaian. Dengan demikian, apakah bisa menyebabkan iritasi. Jika sudah menimbulkan iritasi, apakah dapat memicu penyakit berba.
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 07:47:50 WIB

    Wajib Dicoba, 6 Makanan yang Bisa Bikin Stamina Pria Meledak-ledak

    Wajib Dicoba, 6 Makanan yang Bisa Bikin Stamina Pria Meledak-ledak HARIANHALUAN.COM - Dalam memilih makanan perlu ketelitian. Pasalnya, jika mengkonsumsi bahan makana alami yang penuh protein bisa meningkatkan vitalitas pria. Begitu pula sebaliknya, jika salah memilih makanan bisa memperngar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]