Bawaslu Pasaman Launching Buku Pengawasan Pemilu


Selasa, 24 Desember 2019 - 10:53:53 WIB
Bawaslu Pasaman Launching Buku Pengawasan Pemilu Buku pengawasan Pemilu diserahkan secara simbolis oleh Komisioner Bawaslu Sumbar, Nurhaida Yetti kepada perwakilan perguruan tinggi.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman launching buku pengawasan Pemilu, Selasa (24/12). Buku tersebut berisi potret pengawasan pemilihan umum (Pemilu) di Kabupaten Pasaman.

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita mengatakan, bahwa buku tersebut disusun secara komprehensif mengenai seluk beluk Pemilu. Buku ini merupakan tulisan dari anggota Bawaslu dan staf. 

"Tahapan sudah dimulai dan launching buku pengawasan Pilkada diharapkan dapat menjadi referensi pengawasan pemilu. Sekaligus sebagai literasi, karena di dalam buku ini banyak data data pengawasan Pemilu," katanya. 

Dikatakannya, Bawaslu sekarang ini bisa menorehkan sejarah kepemiluan ke dalam buku yang bisa dibaca oleh publik, apa saja yang dilakukan dalam pengawasan Pemilu.

"Semoga buku ini menginspirasi untuk melakukan pengawasan Pilkada 2020 yang lebih baik," pungkas Rini. 

Sementara Komisioner Bawaslu Sumatera Barat, Nurhaida Yetti menyatakan, Bawaslu bertekad untuk meninggalkan dokumen (arsip) yang bisa bermanfaat bagi generasi mendatang untuk diserap menjadi kajian ilmiah dan literasi seputar tata cara pengawasan pemilu di Pasaman. 

"Selain sebagai literatur, buku ini juga pedoman, sekaligus sebagai evaluasi bagi kami Bawaslu dalam melaksanakan tugas pengawasan ke depan," ujarnya.

Buku pengawasan pemilu itu sendiri berisi 224 halaman. Penulis terdiri atas, Ketua dan para komisioner Bawaslu, yaitu Rini Juita, MA, Kristian, Mesrawati, SE serta Kepala Sekretariat Bawaslu, Refki Mukhliza, SH, MH dan dibantu sejumlah akademisi. 

Secara rinci buku ini terdiri atas tujuh topik bahasan. Diantaranya, tugas, wewenang dan kewajiban Bawaslu, SDM dan Organisasi, pengawasan dan pencegahan dugaan pelanggaran pemilu, penindakan pelanggaran pemilu, penyelesaian sengketa dan advokasi. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]