Gelar Dialog Tematik, Tugu Keserasian Sosial Namang Jaya Diresmikan


Selasa, 24 Desember 2019 - 16:06:53 WIB
Gelar Dialog Tematik, Tugu Keserasian Sosial Namang Jaya Diresmikan Peresmian saluran irigasi dan Tugu Keserasian Sosial Namang Jaya Jorong Koto Baru Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota


SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM - Forum Keserasian Sosial Namang Jaya Jorong Koto Baru, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kec. Payakumbuh kembali mengadakan dialog tematik yang ke dua dengan tema “Penguatan Masyarakat Adat Dalam Antisipasi Kerawanan Konflik Sosial di Masyarakat” sekaligus peresmian saluran irigasi dan Tugu Keserasian Sosial Namang Jaya.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan masyarakat Jorong Koto Baru dan juga tokoh-tokoh masyarakat seperti tokoh hukum dari Polsek Payakumbuh, wali nagari, tokoh akademisi, praktisi hukum adat, lembaga KAN, pemuka agama dan Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Keserasian Sosial Namang Jaya Rezki Yuanda Putra mengucapkan terimaksih yang sedalam dalamnya kepada masyarakat Jorong Koto Baru dan semua pihak yang terlibat dari pusat hingga daerah yang selama pelaksanaan program KS dari awal sampai akhir sudah ikut memberikan kontribusi maksimal demi terwujudnya nagari keserasian sosial yang kuat masyarakat serta adat budayanya.

Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH sebagai salah satu narasumber yang hadir dalam dialog tematik II tersebut menyampaikan bahwa untuk menguatkan masyarakat adat agar dapat menjadi pencegah konflik sosial adalah dengan memfungsikan kembali lembaga adat dan niniak mamak dalam menyelesaikan perkara atau konflik di masyarakat, sehingga perkara-perkara yang timbul di masyarakat tidak melulu berujung ke kepolisian karena niniak mamak sampai ke KAN seharusnya menjadi pemutus perkara dalam nagari.

Wendra mengaku bahwa dari 90 nagari yang dikunjunginya, rata-rata semua nagari memiliki permasalahan yang hampir sama yakni hilangnya fungsi niniak mamak dan lembaga adat di tengah masyarakat.

Untuk itu Wendra mengimbau kepada para tokoh adat di Nagari Koto Baru Simalanggang agar meluangkan waktu untuk duduk bersama menyatukan visi misi untuk memperkuat fungsi niniak mamak dan lembaga adat agar tetap lestari dalam nagari.

Senada dengan yang disampaikan Wendra Yunaldi, Kanit BINMAS Polsek Payakumbuh, Kurnia Adhifa, SH juga memaparkan bahwa harusnya masyarakat Minangkabau merupakan masyarakat adat yang kuat dengan nilai-nilai adat yang sudah berabad-abad dijunjung tinggi, namun sekarang ikut luntur karena zaman. Kurnia mengimbau masyarakat agar kembali sadar dengan kekuatan yang dimiliki dengan interospeksi dimulai dari diri sendiri.

Di akhir acara, wali nagari dengan pejabat yang hadir bersama masyarakat Jorong Koto Baru meresmikan Tugu Keserasian Sosial Forum Keserasian Namang Jaya. Pembangunan tugu KS  tersebut ditujukan untuk menjadi pengingat bahwa masyarakat Koto Baru memiliki tujuan bersama untuk memajukan nagari dengan membangun semangat gotong royong dan mewujudkan nagari yang serasi dengan semua unsur yang ada, serta menjadi kuat karena kembali melestarikan adat Minangkabau. (*)
 

loading...
 Sumber : rel /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]