Badan MTN Siap Jaring Talenta Muda Indonesia


Selasa, 24 Desember 2019 - 18:26:13 WIB
Badan MTN Siap Jaring Talenta Muda Indonesia Moeldoko

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyampaikan pemerintah serius membentuk Badan Manajemen Talenta Nasional (MTN). Saat ini, pemerintah tengah menggodok design besar pembentukan MTN untuk mengelola berbagai talenta muda Indonesia di berbagai sektor.

Dalam rapat tingkat menteri pelaksanaan strategi Indonesia hadapi perang talenta global, Moeldoko mengatakan, Badan Manajemen Talenta Nasional ini diperlukan untuk meningkatkan kapasitas para talenta muda di berbagai daerah. Sebab selama ini belum ada wadah yang dapat menampung dan mengelola talenta muda Indonesia dengan baik.

"Kenapa itu kita lakukan? Kita lihat ranking di dunia. Peringkat indikator makro Indonesia masih cukup jauh dibandingkan negara lain. Maka dari itu indikator-indikator ini kita harus perbaiki dan benahi sehingga posisi Indonesia di peringkat dunia baik dari sisi global inovation indeks maupun global talenta meningkat dengan baik," jelas Moeldoko di gedung Bina Graha, Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (23/12).

Lebih lanjut, nantinya Badan MTN ini akan diisi baik oleh individu maupun kelompok yang memiliki talenta. Pemerintah juga masih menggodok kementerian mana yang akan bertanggung jawab terhadap pengelolaan badan MTN ini.

Selama ini, beberapa kementerian memang telah menangani talenta-talenta anak muda Indonesia. Namun, pemerintah belum memiliki data yang tepat terkait jumlah dan jenis talenta yang dimiliki secara nasional.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengapresiasi gerakan talenta nasional ini. Menurutnya, pembentukan badan MTN ini sangat penting untuk menonjolkan talenta anak muda Indonesia dan memberikan inspirasi terhadap generasi berikutnya.

"Jadi konsep untuk membina dan meng-empower talenta seperti ini menurut saya luar biasa. Karena sekarang ini bukan hanya hal-hal yang sifatnya ekonomi atau pertumbuhan tapi soal krisis kepercayaan diri juga... Jadi kita harus memberikan mereka inspirasi," jelas Nadiem.

Dengan badan ini, maka anak muda yang bertalenta akan mendapatkan pembinaan sehingga bisa mencapai prestasi dan juga memberikan inspirasi.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:06:17 WIB

    Jokowi Ngaku Ditawari Obat Penggemuk Badan, Netizen: Yang Penting Sehat

    Jokowi Ngaku Ditawari Obat Penggemuk Badan, Netizen: Yang Penting Sehat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering ditawari obat penggemuk badan oleh penjual online yang "mampir" di akun Instagramnya. Dia mengganggap hal itu bagian dari kreativitas masyarakat di era .
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 03:18:28 WIB

    Badan Ketahanan Pangan Ajukan Impor Gula Pasir 130 Ribu Ton

    Badan Ketahanan Pangan Ajukan Impor Gula Pasir 130 Ribu Ton JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  -- Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan impor gula pasir konsumsi atau Gula Kristal Putih (GKP) sebesar 130 ribu ton. Rencananya, impor dilakukan melalui kesepa.
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 15:40:33 WIB

    Pelajar Bunuh Begal, Ombudsman: Polisi-Jaksa Buang Badan

    Pelajar Bunuh Begal, Ombudsman: Polisi-Jaksa Buang Badan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  -- Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala mengatakan, penegak hukum kepolisian terkesan buang badan ketika bertemu kasus seperti pelajar bunuh begal yang terjadi beberapa waktu lalu..
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 07:05:17 WIB

    Wah..! Projo Siap Pasang Badan untuk Prabowo

    Wah..! Projo Siap Pasang Badan untuk Prabowo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menegaskan pihaknya akan ikut serta mengawal penyaluran dana desa agar tepat sasaran. Ia mengakui setidaknya dalam lima tahun terakhir telah .
  • Rabu, 31 Januari 2018 - 20:58:19 WIB

    Badan Bahasa Fasilitasi Polemik Puisi Esai, Denny J.A. Tak Mau Hadir

    Badan Bahasa Fasilitasi Polemik Puisi Esai, Denny J.A. Tak Mau Hadir PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Faruk Tripoli, menyarankan Badan Bahasa sebagai lembaga negara yang mengurus bahasa dan sastra untuk memfasilitasi pertemuan antara dua k.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]