UMSB PEDULI, Bantu Korban Bencana Alam di Solok Selatan


Selasa, 24 Desember 2019 - 20:10:01 WIB
UMSB PEDULI, Bantu Korban Bencana Alam  di Solok Selatan Mewakili Rektor UMSB, Dekan Fakultas Pariwisata menyerahkan bantuan di Posko Sangir Batang Hari. Ist

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) melaksanakan kegiatan kemanusiaan peduli bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Solok Selatan, Senin (23/12/2019). 

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr. Riki Saputra. MA mengungkapkan bahwa, kegiatan ini merupakan wujud kepeduliaan segenap sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat terhadap musibah yang melanda Kabupaten Solok Selatan secara beruntun. Sebagai mana kita ketahui bahwa pada 22 November 2019 yang lalu, banjir bandang telah melanda beberapa daerah di Kabupaten Solok Selatan, sehingga pemerintah menetapkan masa tanggap darurat hingga 5 Desember 2019, kemudian diperpanjang hingga 19 Desember 2019. 
Dalam masa perpanjangan ini, banjir bandang kembali melanda pada tanggal 13 Desember 2019 yang berdampak cukup parah pada tiga kecamatan yaitu Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Pauh Duo dan Sanggir Batang Hari.

"Atas dasar inilah kami mencoba untuk melakukan sedikit usaha guna meringankan beban saudara-saudara kita di daerah bencana Solok Selatan. Disamping bantuan bantuan yang dihimpun dari internal UMSB, kami juga menerima beberapa bantuan dari berbagai pihak eksternal yang sama-sama memiliki kepeduliaan terhadap bencana ini, untuk itu kami juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini," ujarnya.

"Sebelumnya, pada tanggal 27 November 2019 kami Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat bersama Posko Kemanusiaan Jenggala juga sudah melakukan aksi kemanusiaan dan penyaluran bantuan di Koto Parik Gadang Diateh dan Kampung Tarandam," pungkas Riki di sela-sela persiapan penghimpunan barang bantuan.

Bantuan yang terhimpun diserahterimakan pada Posko Utama Kecamatan Sanggir Batanghari oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang diwakili oleh Dekan Fakultas Pariwisata Moh.Abdi bersama perwakilan dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Camat Sangir Batang Hari Gusharnadi. 

Untuk selanjutnya tim dari kecamatan mendistribusikan ke titik bencana. Niat rombongan untuk langsung menyampaikan bantuan kepada saudara-saudara korban bencana di daerah tersebut tidak dapat dilangsungkan, dikarenakan transportasi menuju daerah tersebut mesti menggunakan kendaraan double gardan dan selanjutnya perjalanan ditempuh menyeberangi sungai menggunakan tempe (perahu).

Pada kesempatan tersebut, Camat Sangir Batang Hari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor dan segenap keluarga besar Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang telah berpartisipasi turut serta membantu meringankan beban para korban bencana.

"Perlu juga kami sampaikan bahwa, pada saat sekarang peralatan dan perlengkapan sekolah sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan proses pendidikan anak-anak kita di daerah bencana," ungkap Gusharnadi. (Dn/Rl)

loading...
 Sumber : Rel /  Editor : Dodi Nj

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]