Delapan Puskesmas Tanah Datar Naik Kelas


Rabu, 25 Desember 2019 - 12:01:10 WIB
Delapan Puskesmas Tanah Datar Naik Kelas Ilustrasi penilaian puskesmas di Tanah Datar. IST

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan ucapan selamat kepada delapan  unit UPT Puskesmas yang berhasil naik kelas dalam hasil akreditasi yang dilaksanakan Kemenkes RI beberapa waktu lalu.

"Selamat untuk puskesmas yang naik kelas, semoga puskesmas lainnya menyusul. Dengan pelayanan kesehatan yang baik kita ingin menuju Kabupaten Sehat Paripurna, selamat berkarya dalam pengabdian," tutur Bupati Irdinansyah  Sabtu (21/12).

Sementara Kadis Kesehatan dr Yesrita Zedrianis membenarkan ada delapan puskesmas yang baru saja naik kelas atau reakreditasi yang dilakukan oleh tim surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes RI dari 23 Puskesmas yang ada di Tanah Datar.

Puskesmas yang reakreditasi tersebut adalah 1 puskesmas dari madya ke utama yaitu Puskesmas Batipuh I, dan 7 puskesmas dari dasar ke madya yaitu Puskesmas Batipuh II, Puskesmas Pariangan, Puskesmas Sungai Tarab I, Puskesmas Salimpaung, Puskesmas Padang Ganting, Puskesmas Lintau Buo dan Puskesmas Lintau Buo Utara I.

Sebanyak 13 Puskesmas lain sudah memiliki akreditasi awal, 7 puskesmas dengan akreditasi dasar yaitu Puskesmas X Koto II, Puskesmas Batipuh Selatan, Puskesmas Lima Kaum II, Puskesmas Sungayang, Puskesmas Tanjung Emas, Puskesmas Gurun dan Puskesmas Pagaruyung .

Enam unit puskemas akreditasi madya yaitu Puskesmas X Koto I, Puskesmas Rambatan I, Puskesmas Rambatan II, Puskesmas Tanjung Baru, Puskesmas Lima Kaum I dan Puskesmas Lintau Buo Utara II.Puskesmas Singgalang dan Puskesmas Sungai Tarab II.

"Pelaksanaan akreditasi ini melalui survey 3 tahun yang lalu dan setiap 3 tahun akan diulang kembali penilaiannya. Sementara bagi puskesmas yang belum, akan dinilai tahun depan dan kita siapkan untuk survey," kata Yesrita.

Yesrita juga menyampaikan ada 774 indikator yang harus dipenuhi terbagi ke dalam tiga kelompok besar yaitu administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). "Dengan adanya akreditasi diharapkan mutu pelayanan akan lebih baik serta keamanan pasien pun akan terjamin," katanya. (h/emz)

 

loading...
Reporter : Emrizal /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]