Waspada, Ada 104 Aplikasi Berbahaya di Android


Rabu, 25 Desember 2019 - 13:48:11 WIB
Waspada, Ada 104 Aplikasi Berbahaya di Android Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak daftar aplikasi Android berbahaya yang dirilis sepanjang 2019 karena berisiko mencuri data pribadi pengguna, mengklik iklan diam-diam, mengambil alih kendali ponsel, dan masih banyak lagi kejahatan siber lainnya.

Baru-baru ini, perusahaan keamanan White Ops pun merilis 104 aplikasi Android yang dilarang dipasang di perangkat pengguna karena dinilai berbahaya. Yang parah, aplikasi-aplikasi itu sudah diunduh lebih dari 4,6 juta kali.

"Aplikasi tersebut menggunakan dua kode berbeda, yakni Soraka dan Sogo. Keduanya akan menampilkan iklan layar penuh di ponsel Android, di mana iklan itu mengalirkan uang bagi peretas. Kode itu juga mampu bersembunyi dari perangkat lunak anti-malware," kata White Ops, dikutip dari Forbes, Selasa (24/12/2019).

Sebelum Mengunduh, Lihat Kolom Komentar
Aplikasi bernama "Penjelajah Keberuntungan Terbaik" terdaftar di Google Play Store dan daftar itu mengisyaratkan bahwa aplikasi tersebut dapat memberi tahu masa depan. "Apakah kamu ingin tahu kapan cinta sejatimu akan datang? Apakah kamu ingin tahu bagaimana keluargamu di masa depan? Apakah kamu ingin tahu apakah kamu akan diberikan promosi dan kenaikan gaji di masa depan?"

"Perilaku persembunyian itu penting. Para penipu semakin pintar. Mereka tahu ini sekarang perlombaan senjata, mereka berusaha memperlambat analisis dengan taktik ini. Kami melihat tipe perilaku seperti ini lebih banyak dan banyak lagi," kata John Laycock dari White Ops.

Laman Giz China melaporkan, aplikasi ini hanya untuk tujuan hiburan tapi pemindaian cepat pada bagian komentar dapat menyelamatkan Anda dari memasang malware ini di ponsel. Dalam kasus "Penjelajah Keberuntungan Terbaik", seorang pengguna mengibarkan bendera merah dengan menulis,"Masalah utamanya adalah Anda akan mendapatkan iklan tanpa henti. Itu seperti virus."

Komentar lain memperingatkan,"Jangan mengunduhnya. Anda hanya akan melewati waktu. Dan masalah utama setelah mengunduh adalah Anda akan mendapatkan iklan dan iklan tanpa henti. Bahkan Anda tidak bisa menggunakan apa pun. Dan juga tidak ada apa-apa. Seperti yang ditunjukkan dalam iklan. Itu seperti virus."

Empat komentar berturut-turut adalah keluhan tentang jumlah iklan yang ditayangkan oleh aplikasi. Itu ada peringatan sempurna.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 11:55:19 WIB

    Waspada, 7 Aplikasi VPN Gratis Ini Sering Bocorkan Data Pengguna

    Waspada, 7 Aplikasi VPN Gratis Ini Sering Bocorkan Data Pengguna HARIANHALUAN.COM - Tujuh aplikasi VPN gratis ketahuan membocorkan jutaan data pengguna. Temuan dari vpnMentor ini juga menyebutkan setidaknya ada 20 juta pengguna yang mengalami kebocoran data akibat aplikasi VPN tersebut..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 08:41:30 WIB

    Sering Akses Facebook dan YouTube? Waspada, Anda Bisa Terjebak Hal Ini

    Sering Akses Facebook dan YouTube? Waspada, Anda Bisa Terjebak Hal Ini HARIANHALUAN.COM - Pengguna internet yang sering menggunakan media sosial seperti Facebook dan YouTube untuk mencari informasi seputar virus Corona ditemukan lebih mudah percaya akan teori konspirasi seputar penyakit ini..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 10:57:58 WIB

    Waspada, Ada 29.000 Aplikasi Android Terdeteksi Berbahaya

    Waspada, Ada 29.000 Aplikasi Android Terdeteksi Berbahaya HARIANHALUAN.COM - Aplikasi berbahaya Android kini banyak tersebar untuk menghasilkan uang dan berdampak negatif pada ponsel pengguna beberapa tahun terakhir. Beberapa aplikasi ini menjalankan iklan video di latar belakang ya.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]