Anies Disentil Kardinal, 'Nyelonong' Saat Kunjungan ke Katedral


Rabu, 25 Desember 2019 - 19:01:42 WIB
Anies Disentil Kardinal, 'Nyelonong' Saat Kunjungan ke Katedral Anies Baswedan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo menyentil kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Katedral, Jakarta Pusat pada malam Misa Natal, Selasa malam (24/12). Menurutnya, Anies 'nyelonong' ke tengah-tengah jamaah saat ibadah sedang berlangsung.

Ia mengatakan apa yang disampaikannya merupakan pandangan saat kejadian di dalam Gereja Katolik saja.

"Pak Gubernur datang saat ibadah berjalan. Tuhan menyelenggarakan, saya tidak mengatakan kebetulan. Tuhan menyelenggarakan beliau harusnya datang 21.30 WIB ketika ibadah kedua akan mulai. Tapi beliau datang jam 20.15 WIB," kata Ignatius di Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (25/12).

"Menurut pendapat banyak orang, ibadah jangan dipotong di tengah jalan, tapi ini Tuhan menyelenggarakan (Harusnya) jam 20.15 di dalam pedoman ibadah, pastor harus ngomong (khotbah)," ucap Ignatius kemudian.

Kedatangan Anies, menurut Ignatius membuat umat Nasrani 'mengalah'. Sebab, jika harus menunggu hingga jadwal yang ditentukan maka Anies bakal menunggu lama.

"Itu kalau menunggu sampai jam 10 terlalu lama. Maka kalau berkenan silahkan masuk di tengah ibadah ketika pastur harusnya berkhotbah. Yang disampaikan Pak Gubernur kan ya khotbah dalam tanda petik ya," ucap Ignatius.

Namun begitu, Ignatius meyakinkan bila itu bukan sesuatu masalah. Jemaat Katedral, menurut dia juga tidak merasa terganggu hanya karena Anies yang terlalu cepat datang.

"Maka beliau masuk memperkenalkan teman-temannya. Kami semua tenang-tenang saja tidak merasa ibadah Natal Katolik di Katedral terganggu. Sama sekali tidak," kata Ignatius.

Hanya saja, Ignatius merasa sesuatu yang beda saat tokoh muslim lain datang ke Misa Natal hari ini. Tokoh Islam tersebut berasal dari Gusdurian, Caknurian, dan Cahaya Guru.

Ignatius mengatakan mereka masuk ke dalam Katedral setelah ibadah usai. Menurutnya itu entah kebetulan atau memang tidak mau mengganggu jalannya misa berlangsung.

"Tadi Pak Yudi Latief dan teman-teman datang menunggu dari Jam 9. Beliau memilih menunggu tidak masuk pada awal dan memilih menunggu. Dan pas juga," katanya.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]