BNPB Sebut Sumbar Status Waspada Banjir


Rabu, 25 Desember 2019 - 19:25:59 WIB
BNPB Sebut Sumbar Status Waspada Banjir Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejumlah wilayah berpotensi terdampak banjir. Hal ini berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Tanah Air.

"Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terdapat delapan wilayah yang berpotensi terdampak banjir akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut," ujar Kapusdatin dan Humas BNPB Agus Wibowo di Jakarta, Rabu (25/12).

Delapan wilayah yang memiliki potensi terdampak banjir yakni Jawa Timur (status siaga), Aceh (status waspada), Sumatera Utara (status waspada), Sumatera Barat (status Waspada), Jambi (status waspada), Jawa Barat dan Jawa Tengah (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur (waspada), dan Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan (waspada).

Kondisi itu berlaku pada 25 Desember 2019 pukul 07.00 WIB hingga 26 Desember 2019 pukul 07.00 WIB. Agus menambahkan Jawa Timur sudah menyiapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur No 188/650/KPTS/013/2019 tertanggal 16 Desember 2019.

"Begitu juga dengan Kalsel yang juga sudah menetapkan status siaga darurat," kata dia.

Saat ini sejumlah daerah menetapkan status tanggap darurat yakni Sumatera Barat, Aceh, Riau, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk siaga darurat selain Kalimantan Selatan dan Jawa Timur yakni, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 18:24:04 WIB

    Jangan Kaget! BNPB Sebut Kasus Covid-19 Naik Banyak Minggu Depan

    Jangan Kaget! BNPB Sebut Kasus Covid-19 Naik Banyak Minggu Depan Pelaksana tugas Deputi II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi meminta masyarakat tidak kaget menghadapi kemungkinan kasus positif virus corona (Covid-19) mengalami kenaikan yang banyak pada pekan depan..
  • Jumat, 17 April 2020 - 14:50:17 WIB

    Waspada! Ada Penipuan Bermodus Bantuan Corona BNPB

    Waspada! Ada Penipuan Bermodus Bantuan Corona BNPB JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, mengajak masyarakat mewaspadai penipuan atas nama pihaknya atau Gugus Tugas dengan modus membantu penanganan Covid-19..
  • Senin, 06 April 2020 - 08:53:28 WIB

    BNPB Akui Data Pasien Positif Covid-19 Tak Singkron

    BNPB Akui Data Pasien Positif Covid-19 Tak Singkron JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengakui ada ketidaksingkronan data pasien positif Covid-19 yang disampaikan pemerintah dengan kenyataan di.
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:49:10 WIB

    Kepala BNPB Ungkap Kelemahan Indonesia Hadapi Virus Corona

    Kepala BNPB Ungkap Kelemahan Indonesia Hadapi Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan kelemahan Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus corona adalah tidak memiliki alat untuk melakukan peme.
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:17:49 WIB

    Selain Pandemi, BNPB Tetapkan Corona Bencana Nasional Non Alam

    Selain Pandemi, BNPB Tetapkan Corona Bencana Nasional Non Alam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan virus corona Covid-19 sebagai pandemi. Menindaklanjuti hal ini, pemerintah juga menyatakan masalah virus corona sudah menjadi bencana nasional non a.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]