Soal Muslim Boleh atau Tidak Ucap Selamat Natal, Menag: Semua Bebas Berpendapat


Rabu, 25 Desember 2019 - 19:30:55 WIB
Soal Muslim Boleh atau Tidak Ucap Selamat Natal, Menag: Semua Bebas Berpendapat Fachrul Razi

BADUNG, HARIANHALUAN.COM - MUI Jawa Timur (Jatim) mengimbau umat Muslim untuk tidak mengucapkan Natal kepada umat Nasrani. Menteri Agama RI Fahcrul Razi belum mengetahui dengan adanya himbauan tersebut namun dia mempersilakan saja karena semua orang bebas berpendapat.

"Saya tidak pernah mendengar langsung, namun menurut saya ya silahkan aja semua orang berpendapat, tapi dia harus menghargai pendapat orang lain yang berbeda," kata Menag Fahcrul Razi kepada wartawan, Rabu (25/12/2019).

Sementara itu, menurut Menag ucapan selamat Natal dinilai tidak mengganggu aqidah dan itu kembali ke pribadi masing masing. Dia menjelaskan tak ada larangan dalam pengucapan selamat Natal ke umat Nasrani.

"Ada yang mengatakan boleh ada yang mengatakan tidak boleh, menurut saya ya silakanlah pertimbangan anda, kalau menurut saya pribadi itu gak ada salahnya dan tidak sedikitpun mengganggu aqidah kita masing masing," jelas dia.

Sebelumnya, MUI Jatim mengeluarkan imbauan agar umat muslim tak mengucapkan selamat hari raya Natal kepada umat Nasrani. Namun, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendapat pengecualian.

"Nah kalau urusan itu, mungkin pak Wapres punya pertimbangan sebagai pemimpin negara," ujar Sekretaris MUI Jatim Moch Yunus kepada wartawan pada Jumat (20/12).

Yunus mengatakan larangan mengucapkan selamat Natal bukanlah tindakan intoleransi. Hal ini lebih berkaitan dengan akidah Islam yang harus tetap dijaga.(*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]