200 Bencana Alam Terjadi Selama 2019 di Padang Pariaman


Rabu, 25 Desember 2019 - 19:41:27 WIB
200 Bencana Alam Terjadi Selama 2019 di Padang Pariaman Kepala BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulia

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - BPBD Kabupaten Padang Pariaman mencatat sekitar 200 peristiwa becana alam yang terjadi di daerah tersebut dengan kerugian materil mencapai Rp9,3 Miliar. Catatan itu sejak Januari sampai minggu ke tiga Desember 2019, kata Kepala BPBD Padang Pariaman Budi Mulya kepada harianhaluan.com, Rabu (25/12).

Bencana alam yang terjadi itupun telah menimbulkan korban jiwa, dua tertimbun tanah longsor dan tiga orang hanyut terseret arus sungai. Kejadian bencana yang terjadi, dominan banjir dan tanah longsor, tapi ada pohon tumbang.

BPBD Kabupaten Padang Pariaman kini sedang melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang diduga rawan bencana alam.

"Dari kejadian 200 peristiwa bencana alam yang terjadi tersebut, ada di Kampung Dalam, VII Kota Sumgai Sariak juga di Sungai Limau dan sungai geringging," kata Budi Mulya.

Budi menyebutkan pula tentang, kerugian akibat bencana alam tahun lalu mencapai Rp20 miliar dengan catatan jumlah peristiwa bencana yang hampir sama.

Meski BPBD siap siaga selalu terhadap penanggulan bencana namun kepala BPBD tetap mengingatkan masyarakat tidak ada salahnya agar tetap waspada, terutama yang tinggal di pinggir-pinggir pantai, perbukitan dan sekitar pinggir-pinggir sungai.

Budi Mulia menyebutkan,  menurut prakiraan BMKG cuaca ekstrim sampai Februari 2020 menimpa Kabupaten Padang Pariaman. (h/tri)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]