Gerhana Matahari, PP Muhammadiyah Imbau Laksanakan Shalat kusuf


Rabu, 25 Desember 2019 - 22:33:37 WIB
Gerhana Matahari,  PP Muhammadiyah Imbau Laksanakan Shalat kusuf Gerhana matahari cincin tahun 2009. Foto: Republika/Edwin Dwi Putrant

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid mengimbau umat Muslim di Indonesia melakukan shalat gerhana matahari (kusuf). Shalat kusuf dilakukan bertepatan dengan adanya fenomena alam gerhana matahari yang terjadi esok, Kamis (26/12).

Dalam surat edaran,  Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tardid PP Muhammadiyah Oman Fathurohman menyebut, bertepatan dengan 29 Rabiul Akhir 1441 H, seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian. Sementara sebagian lainnya mengalami gerhana matahari cincin.

"Sehubungan dengan hal di atas, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengimbau pimpinan dan warga Muhammadiyah melaksanakan ibadah shalat gerhana matahari (shalat kusuf) serta melakukan pengamatan gerhana menggunakan alat yang dimiliki," ujarnya dalam keterangan, Rabu (25/12).

Wilayah Indonesia yang akan mengalami gerhana matahari cincin adalah Padang Sidempuan, Tanjung Pinang, dan Singkawang. Di daerah Padang Sidempuan, gerhana sebagian mulai terjadi pukul 10.14 waktu setempat dan memasuki gerhana cincin pukul 12.04 WIB. Rangkaian gerhana ini berakhir pukul 14.04 WIB.

Untuk wilayah Tanjung Pinang, gerhana sebagian terjadi pada 10.29 WIB dan berlanjut dengan gerhana cincin pada 12.24 WIB. Gerhana berakhir atau memasuki akhir gerhana sebagian pukul 14.20 WIB.

Di Singkawang, gerhana sebagian dimulai pukul 10:43:45 dilanjutkan dengan gerhana cincin pada 12:41:05. Rangkaian peristiwa ini memasuki akhir gerhana matahari sebagian pukul 14:31:27.

Adapun beberapa wilayah yang mengalami gerhana matahari sebagian akan dirasakan di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Surabaya, Palangkaraya, Bima NTB, Makassar, Mando, Sorong, dan Merauke.


Imbauan shalat gerhana atau shalat kusuf ini juga diungkapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam. 
Plh Dirjen Bimas Islam, Tarmizi menyebut shalat sunnah gerhana matahari ini hendaknya dilakukan oleh umat Islam di Indonesia tidak hanya di wilayah yang mendapat gerhana matahari.

"Pelaksanaan shalat gerhana menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Diperkirakan, awal gerhana terjadi pukul 10.34 WIB, sementara puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.17 WIB, dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB," ujarnya.(*)

 Sumber : Republika.co.id /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]