Ini Pengeluaran yang Harus Disiapkan di 2020


Kamis, 26 Desember 2019 - 07:41:53 WIB
Ini Pengeluaran yang Harus Disiapkan di 2020 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sudah di penghujung tahun, saatnya merencanakan pengeluaran di tahun 2020. Nah, apa saja pengeluaran yang harus disiapkan di tahun 2020?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, di tahun 2020 ini harus mulai menyusun pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Misalnya, biaya anak kuliah bagi yang sudah berkeluarga, hingga menabung untuk menikah bagi yang masih lajang.

"Contohnya yang harus ada jangka panjang? Dana pensiun kita harus ada. Lalu kalau punya anak maka Anda harus siapkan dana kuliahnya. Kemudian juga haji, juga bagi yang belum menikah tetapi mau menikah, belum ada dananya, sementara sudah ada calonnya," ujarnya kepada detikcom, Rabu (25/12/2019).

Untuk memenuhi pengeluaran yang dialokasikan kepada kebutuhan jangka panjang itu, maka gaya hidup harus diubah. Baik dalam mengeluarkan dana untuk makan sehari-hari, memisahkan dana untuk kebutuhan sekunder, dan sebagainya.

"Setelah tujuan keuangan Anda untuk jangka panjang itu sudah memakan gaji bulanan dalam porsi besar, bagaimana ya gaya hidup kita dengan sisa gajinya itu? Maka di tahun 2020 bagaimana gaya hidup itu disesuaikan dengan sisa gaji tersebut," terang Rini.

Dihubungi terpisah, Perencana Keuangan dari MRE Andy Nugroho membeberkan cara memecah gaji bulanan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik jangka pendek, maupun jangka panjang.

"Dari penghasilan kita di persentase 100% itu nanti dipecah-pecahnya bagaimana sih? Nah 55% itu porsinya untuk kebutuhan sehari-hari (makan, minum, bayar cicilan). 10% untuk investasi atau tabungan, 10% untuk dana darurat, 10% untuk kita upgrade kemampuan kita mencari uang, 10% untuk rekreasi, dan 5% untuk beramal," papar Andy.

Andy mengatakan, jika pemecahan gaji di atas sudah dialokasikan sesuai rencana, dana yang berlebih bisa digunakan untuk berbelanja di luar kebutuhan, atau untuk hiburan.

"Nah misalnya kemudian semua dana sudah dialokasikan, dan kebetulan dapat bonus akhir tahun. Boleh nggak untuk saya jajan? Ya boleh-boleh saja, kan yang lain sudah dialokasikan dengan baik. Tapi kalau pun mau ditabung akan lebih bagus lagi," tutup Andy.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 08:48:07 WIB

    Selasa Pagi Ini Harga Minyak Mulai Merangkak Naik

    Selasa Pagi Ini Harga Minyak Mulai Merangkak Naik HARIANHALUAN.COM - Pagi ini, Selasa (22/9/2020), pada 08.00 WIB, harga minyak mentah berusaha bangkit. Untuk kontrak yang aktif ditransaksikan jenis Brent naik 0,63% ke US$ 41,7/barel dan West Texas Intermediate (WTI) menguat.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 13:30:53 WIB

    Enggak Butuh Modal Besar, Ini Keuntungan Bisnis Bidang Jasa

    Enggak Butuh Modal Besar, Ini Keuntungan Bisnis Bidang Jasa HARIANHALUAN.COM - Anda lagi mencari peluang bisnis yang menjanjikan tapi terkendala modal? Mungkin bisnis yang satu ini bisa menjadi solusi: Bisnis Jasa. .
  • Sabtu, 19 September 2020 - 10:07:00 WIB

    Luhut Buka-bukaan, Sebut 3 Bank Ini Goyang

    Luhut Buka-bukaan, Sebut 3 Bank Ini Goyang HARIANHALUAN.COM - Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal reformasi sistem keuangan yang saat ini tengah difinalisasi pemerintah melalui sebuah Perppu [Peraturan Pemerintah Penggan.
  • Jumat, 18 September 2020 - 11:13:48 WIB

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Harga emas batangan yang dijual di Pegadaian hari ini, Jumat (18/9/2020) bervariasi, ada yang naik ada yang turun. Melansir data dari situs resmi Pegadaian, harga emas Antam standar stagnan di semua satuan.
  • Kamis, 17 September 2020 - 14:47:18 WIB

    Adaptasi Cepat Masa Pandemi, Ini Dia 6 Senjata Fintech Baru BRI

    Adaptasi Cepat Masa Pandemi, Ini Dia 6 Senjata Fintech Baru BRI HARIANHALUAN.COM - Beradaptasi dengan kebutuhan perbankan selama pandemi, Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil meluncurkan total enam produk fintech online dalam rentang waktu antara dua minggu hingga dua bulan. Peluncuran pr.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]