WASPADA..!! Virus Jembrana Mulai Menyerang Sapi di Solsel


Kamis, 26 Desember 2019 - 10:44:44 WIB
WASPADA..!! Virus Jembrana Mulai Menyerang Sapi di Solsel Kondisi Sapi Bali yang diduga tertular virus jembrana di Nagari Talao Kecamatan Sangir Balai Janggo. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kembali ditemukan dugaan penyakit Jembrana pada Sapi bali di Solok Selatan (Solsel). Dua ekor Sapi tertular, satu ekor mati dan satu Sapi lagi masih dalam kondisi sakit di Nagari Talao, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Dari data Dinas Pertanian Solsel, sepanjang 2019 hingga 26 Desember, sekitar 32 ekor Sapi Bali di Solsel terinfeksi virus Jembrana. Dimama, 31 Sapi mati dan satu masih dalam kondisi sakit dan mendapatkan pengobatan.

"Kematian satu ekor Sapi diduga penyakit Jembrana diketahui pada Selasa (24/12), berdasarkan ciri-ciri virus Jembrana. Dan satu ekor lagi yang masih sakit diketahui pada Rabu (25/12)," kata Syerlly selaku Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Solsel pada Haluan, Kamis (26/12).

Dia mengatakan, masing-masing Sapi Bali itu, satu ekor berada di Kelompok Tani (Keltan) Bina Marga Talao dalam kondisi sudah mati. Sedangkan di Keltan Lubuk Beringin Sepakat satu ekor dalam kondisi sakit. "Kami sudah mendatangi lokasi dan telah diberikan pengobatan serta desinfektan," ujarnya.

Untuk Sapi yang dalam kondisi sakit, pihaknya bisa memastikan bisa sembuh karena cepat mendapatkan pengobatan. Namun, setelah sembuh nanti, Sapi tersebut tidak boleh dilepas tapi harus dikandangkan atau dikarantina. "Apabila dilepas atau digabungkan dengan Sapi lain, rawan tertular," sebutnya.

Pencegahan dilakukan pada ternak sapi yang sehat supaya tidak tertular penyakit. Sedangkan pengobatan dilakukan pada ternak sapi yang sakit agar segera sembuh dan penyakitnya tidak menular ke sapi lainnya. "Tindakan pencegahan dan pengobatan diupayakan untuk menghindari timbulnya kerugian yang besar akibat dari kematian ternak sapi," terangnya.

Bantuan Sapi tahun 2019 untuk Keltan di Solsel yang bersumber dari APBD Solsel berjumlah 36 ekor. Diantaranya, 24 Sapi Bali dan 12 Sapi PO. "Dua ekor Sapi yang terinfeksi ini merupakan bantuan APBD Solsel," tutupnya. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 18:37:34 WIB

    Waspada..!! Tiga Titik di Jalan Sumbar-Riau Terancam Longsor Besar

    Waspada..!! Tiga Titik di Jalan Sumbar-Riau Terancam Longsor Besar LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Meningatkan curah hujan akhir-akhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Limapuluh Kota menghimbau kepada pengguna jalan Sumbar-Riau untuk terus berhati-hati melintasi jalur te.
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 18:43:52 WIB

    Waspada..!! Limapuluh Kota Dikepung Banjir, Nagari Taram Nyaris Terisolir

    Waspada..!! Limapuluh Kota Dikepung Banjir, Nagari Taram Nyaris Terisolir LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM — Kabupaten Limapuluh Kota, sejak dinihari kemarin kembali diterjang banjir. Sedikitnya terdapat 9 kabupaten terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi semenjak Kamis (19/12) malam.
  • Ahad, 24 November 2019 - 00:53:33 WIB

    Waspada..!! Akses Jalan Sumbar-Riau Lumpuh Total

    Waspada..!!  Akses Jalan Sumbar-Riau Lumpuh Total LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bukit 17 yang berada di Jorong Koto Marapak, Bagari Persiapan Hulu Air, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dilaporkan longsor dan menimbun badan jalan sepanjang kura.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]