Nagari Durian Tinggi Deklarasi Setop BABS


Kamis, 26 Desember 2019 - 10:51:36 WIB
Nagari Durian Tinggi Deklarasi Setop BABS Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Dr Rahadian Suryanta Lubis saat membuka deklarasi Stop BABS di Nagari Durian Tinggi, Lubuksikaping. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Deklarasi stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Pasaman, terus digalakkan. Kamis (26/12) deklarasi ODF ini digelar di Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuksikaping. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Dr Arnida diwakili Kabid Kesmas, Dr Rahadian Suryanta mengatakan, deklarasi stop buang air besar sembarangan (ODF) di Nagari Durian Tinggi merupakan salah satu program pokok dalam pembangunan masyarakat secara umum. 

"Nagari ODF merupakan program kesehatan lingkungan, kesehatan kerja olahraga," katanya. 

Dikatakan, sedikitnya lima pilar STBM harus diterapkan ditengah masyarakat. Antaralain, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir (CTPS), mengkonsumsi air minum yang telah diolah, mengolah sampah dan limbah rumah tangga dengan baik.

"Nah, Nagari Durian Tinggi ini sudah masuk ke dalam pilar pertama (stop BABS). Ini harus menjadi perhatian dan contoh bagi nagari-nagari lainnya di Kabupaten Pasaman," katanya. 

Untuk diketahui, bahwa akses Jamban di Nagari Durian Tinggi pada 2019 sudah mencapai 100 persen. Dari pendataan yang dilakukan di nagari ini tidak ada lagi masyarakat buang air besar sembarangan. 

"Ini nagari pertama di Pasaman yang sudah ODF. Diharapkan nagari-nagari lain bisa menyusul dan mencontoh Nagari Durian Tinggi, dimana 100 persen warganya sudah memiliki jamban," katanya. 

Camat Lubuksikaping, Dina Darmayanti mengapresiasi ditunjuknya Nagari Durian Tinggi untuk melaksanakan deklarasi nagari ODF satu satunya di Pasaman. Ia pun meminta masyarakat mulai saat ini stop BABS. 

"Kesehatan masyarakat itu sangat didukung oleh prilaku hidup sehat. Kebiasaan BAB di sungai apalagi dihalaman harus dihentikan. Karena bisa menularkan penyakit. ODF ini butuh kerjasama dengan semua pihak," ujarnya. 

Walinagari Durian Tinggi, Fakhrizal mengatakan, bahwa nagari tersebut menjadi satu satunya nagari di kabupaten itu yang telah melaksanakan program stop buang air bersih sembarangan (ODF).

"Terimakasih kepada Pemkab Pasaman yang telah menunjuk Nagari Durian Tinggi sebagai nagari satu satunya di Pasaman yang telah ODF. Program ini harus kita sukseskan terus," katanya. 

Ia meminta, masyarakat harus disiplin melaksanakan program ODF yang telah dicanangkan. Masyarakat pun dihimbau untuk tidak lagi buang air besar sembarangan. Apalagi di sungai. 

"Kepada Jorong, Ketua Bamus dan para ninik mamak, tolong apa yang sudah disepakati bersama di Rao, kemarin harus kita laksanakan dengan baik," tukasnya. 

Setidaknya, lima pernyataan sikap masyarakat Nagari Durian Tinggi untuk menyukseskan program ODF tersebut di nagari itu. Diantaranya perilaku buang air bersih merupakan perbuatan tercela karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,

Mulai hari ini dan seterusnya kami lapisan masyarakat tidak akan melakukan buang air besar disembarang tempat dan akan buang air besar di jamban yang sehat, 

Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi tanggung jawab kita bersama, kami masyarakat percaya terhadap kemampuan yanv kami miliki, sehingga siap untuk menjadi contoh bagi siapapun. 

Hadir, Ketua Baznas Pasaman, Buya Syafrizal, unsur Muspika Kecamatan Lubuksikaping, para tenaga kesehatan serta para tokoh masyarakat. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 23:24:08 WIB

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik HARIANHALUAN.COM - Sembilan orang anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dari hasil pemilihahan di Delapan Kejorongan yang ada dilantik Bupati Pa.
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 11:14:42 WIB

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir HARIANHALUAN.COM - Tiga kampung, dihuni ratusan kepala keluarga (KK) di Nagari Cubadak, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman masih berstatus terisolir. Akibatnya kehidupan masyarakat disana masih tertinggal dan jauh dari seja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:44:57 WIB

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) wilayah pemilihan Jorong Jambak mengantarkan tokoh muda Millenial, Mayhamsah menjadi menja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 19:43:41 WIB

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan HARIANHALUAN.COM - Seleksi calon anggota Bamus Nagari koto baru ditetapkan. Dari 36 peserta, akhirnya 9 orang terpilih menjadi anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pas.
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 20:58:47 WIB

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2.446 kepala keluarga (KK) di Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Sosial (Bansos) BLT kabupaten. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]