Wali Nagari Agam Diminta Maksimalkan Pembangunan 


Kamis, 26 Desember 2019 - 16:08:29 WIB
Wali Nagari Agam Diminta Maksimalkan Pembangunan  PELANTIKAN WALI NAGARI - Bupati Agam Indra Catri saat pelantikan Wali Nagari di Gelanggang Olah Raga Rang Agam. Rahmat Hidayat

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Wali Nagari diminta untuk memaksimalkan  dana nagari untuk kepentingan prioritas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Wali Nagari sangat menentukan pembangunan di nagari. 

Hal itu ditegaskan, Bupati Agam Dr. Ir.H. Indra Catri, MSP Dt.Malako nan Putiah, saat melantik 26 wali nagari hasil Pilwana Serentak sistem e-votting 2019, di GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubuk Basung.

Ia menjelaskan, setiap nagari dibekali dengan kebijakan fiskal yang sangat fantastis, yaitu dana nagari yang bersumber dari APBN dan alokasi dana nagari dari APBD. Pemerintah sangat berkomitmen dalam pembangunan di nagari.

Penyaluran bantuan keuangan nagari terus ditingkatkan setiap tahun, seperti tahun 2015 disalurkan Rp63,9 miliar dana nagari, dan jumlah itu terus meningkat, terakhir tahun 2019 menjadi meningkat menjadi Rp159,5 miliar.

Sementara untuk tahun 2020, ulas bupati Agam yang sudah menjabat 2 periode itu, sudah dialokasikan Rp162,7 miliar. Inovasi walinagari sangat diperlukan untuk mendorong kemajuan dan merealisasikan berbagai program nagari.

"Bupati Agam itu, alokasi dana nagari tersebut, bisa dimanfaatkan secara maksimal, dan memprioritaskan anggaran nagari untuk kegiatan yang lebih urgent," jelasnya. 

Dalam mendorong transportasi nagari yang kearah yang lebih maju, sesuai program pembangunan daerah yang inovatif, kreatif, progresif dan transparan, wali Nagari tidak boleh hanya menjalankan rutinitas saja.  

"Pemkab Agam, berupaya maksimal mendorong pengembangan berbagai potensi yang dimiliki nagari, dengan peningkatan alokasi dana nagari yang setiap tahun terus bertambah," katanya. 

Indra Catri mengaku juga nyinyir kepada wali nagari untuk selalu mendorong dan menggelorakan program Agam Menyemai, untuk menjamin ketersediaan pangan.

Bupati Agam turut memberi penegasan khusus, bahwa pihaknya tidak ingin mendengar ada masyarakat kabupaten Agam tidak makan dan putus sekolah. (h/yat)

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]