Nagari VII Koto Talago 50 Kota Baralek Gadang


Kamis, 26 Desember 2019 - 16:10:29 WIB
Nagari VII Koto Talago 50 Kota Baralek Gadang Nagari VII Koto Talago malewakan sebanyak 84 penghulu di Balai Godang Talago Gontiang. Bupati Irfendi foto bersama dengan sejumlah pemuka masyarakat setempat. ZUL

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 84 penghulu atau pemangku adat tujuh jorong di Nagari VII KotoTalago, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota, dikukuhkan atau dipati ambalau. Dalam acara tersebut dilaksanakan juga persemian Balai Gadang Talago Gontiang, Luak Limopuluah, Kamis (26/12) di Kantor di Balai Adat setempat.

Dalam pengukuhan batagak Panghulu ini, hadir juga para perantau VII Koto Talago, anggota DPRD asal VII Koto Talago, pemuka adat, para ninik mamak, Bundo Kanduang, perwakilan Perantau Frof Ganefri, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Wabup Ferizal Ridwan, Dt. Kaapek Suku, sejumlah kepala OPD di jajaran Pemkab Limapuluh Kota, serta masyarakat Nagari VII Koto Talago dan sekitarnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit yang sempat hadir ketika didaulat memberikan sambutan mengatakan, kerjasama ninik mamak dengan pemerintahan nagari perlu ditingkatkan untuk bersama sama membangun nagari.

Disisi lain jangan latah untuk menurunkan walinagari tanpa alas an yang jelas. Ninik Mamak supaya punya kemampuan dalam menyelesaikan setiap masalah yang mencuat kepermukaan. Sehingga ada perubahan didalam nagari, lagipula apa yang bisa dikerjakan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Selama menjadi Ninik Mamak diharapkan tidak mengurangi asset kemenakan, seharusnya aset mereka bertambah demi kesejahteraan mereka, ciptakan aman sentosa ditengah tengah warga pesukuan masing masing" sebut nasrul Abit

Kepada seluruh penghulu yang ada di Nagari VII Koto Talago, supaya amanah dalam menjalankan kebijakan atas kemenakan di suku masing masing, sebut Nasrul Abit.

Dalam acara pengukuhan batagak Panghulu ini, Prof Ganefri mengingatkan bahwa amanah menjadi seorang Penghulu itu tidaklah gampang. Pasalnya menjadi pemuka adat yang akan membimbing anak dan kemenakan di nagari. Segala tindak tanduk maupun sikap penghulu akan dicontoh oleh orang di kampong halaman.

“Bersikap dan berprilakulah sebagai pemimpin yang mengayomi naka kemenakan di nagari. Jika tidak ninik mamak tidak bijaksana, maka nagari akan terbelah dan pecah oleh sikapnya sendiri. Tapi jika ninik mamak bisa menjadi pedoman bagi anak dan kemenakan di nagari, akan disegani hingga akhir hayat," sebutnya.

Menurut dia, ninik mamak dan pemerintahan nagari perlu bekerjasama dalam memajukan pendidikan di nagari ini, tanpa pendidikan daerah kita sulit untuk maju. Dicontohkannya, seseorang untuk menjadi bupati karena pendidikannya, begitu juga wakil bupati, juga karena pendidikan. “Karena itu kita bersama perlu memajukan pendidikan, khususnya di nagari VII Koto talago ini,” ulasnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyampaikan aspresiasi kepada panitia dan ninik mamak yang dilewakan, karena kekompakan semua pihak acara malewakan penghulu berjalan dengan lancar dan sukses. Ninik mamak harus mengetahui gelagat anak kemenakan supaya jangan terjerumus ke perbuatan yang terlarang.

Selain itu, dia juga mengucapkan selamat atas peresmian balai Godang Talago Gontiang serta pelaksanaan Pati Ambalau puluhan penghulu yang tersebar pada 7 jorong di Nagari VII Koto Talago, kekompakan masyarakat, ninik mamak, pemerintahan nagari serta bamus perlu dijaga, sehingga diharapkan warga aman, makmur dan sentosa,” ujarnya. (h/zkf)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 23:24:08 WIB

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik HARIANHALUAN.COM - Sembilan orang anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dari hasil pemilihahan di Delapan Kejorongan yang ada dilantik Bupati Pa.
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 11:14:42 WIB

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir HARIANHALUAN.COM - Tiga kampung, dihuni ratusan kepala keluarga (KK) di Nagari Cubadak, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman masih berstatus terisolir. Akibatnya kehidupan masyarakat disana masih tertinggal dan jauh dari seja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:44:57 WIB

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) wilayah pemilihan Jorong Jambak mengantarkan tokoh muda Millenial, Mayhamsah menjadi menja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 19:43:41 WIB

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan HARIANHALUAN.COM - Seleksi calon anggota Bamus Nagari koto baru ditetapkan. Dari 36 peserta, akhirnya 9 orang terpilih menjadi anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pas.
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 20:58:47 WIB

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2.446 kepala keluarga (KK) di Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Sosial (Bansos) BLT kabupaten. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]