Aktivitas Terminal Bareh Solok Meningkat


Kamis, 26 Desember 2019 - 16:17:26 WIB
Aktivitas Terminal Bareh Solok Meningkat Ilustrasi

SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Aktifitas menaikan dan menurunkan calon penumpang di terminal Bareh Solok Kota Solok sedikit mengalami lonjakan dari hari-hari biasa menjelang Natal dan tahun baru 2020. Naiknya jumlah calon penumpang dikarenakan banyak masyarakat yang ingin berlibur di kampung halaman.

Kepala terminal Bareh Solok Kota Solok, Pasdian yang dihubungi Haluan, Kamis (26/12) mengatakan, sejak Jumat 20 Desember lalu sudah terlihat lonjakan calon penumpang. Ada yang ke Medan, Pekan Baru, Jambi dan Palembang. Pool bus yang melayani trayek tersebut sibuk melayani pemesanaan tiket yang hendak membawanya.

Seluruh calon penumpang keberbagai tujuan tanpak terlayani, tidak ada yang nongkrong di terminal menunggu bus berikutnya. Calon penumpang bisa berangkat sesuai jadwal yang ditentukan agen masing- masing bus, paparnya.

Terminal Bareh Solok yang merupakan terminal transit selalu dimanfaatkan calon penumpang keberbagai tujuan. Jika ke Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung dan Jakarta naik di Kota Solok. Sebaliknya jika ingin ke Pekan Baru, Medan dan Aceh juga naik di terminal Bareh Solok karena letak terminal yang strategis.

Menjawab Haluan tentang tiket sesuai daerah tujuanm, Pasdian menyebut tidak ada perubahan, masih harga tiket sesuai hari biasa karena kenaikan harga tiket ada peraturan yang mengaturnya. Tidak bisa dinaikan begitu saja walau terjadi lonjakan calon penumpang, bagi perusahaan bus yang menaikan tiket bisa dilaporkan.

Ketika ditanya lagi tentang masih banyaknya bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang menaikan dan menurunkan penumpang di terminal bayangan, memang tidak bisa dielakan. “Untuk menertibkan terminal bayangan itu perlu keterlibatan banyak pihak dan dibawah kendali Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat karena menyangkut 2 daerah kabupaten/Kota Solok.

“Namun yang tertib itu baru bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)  karena agen bus berada di terminal Bareh Solok. Pool bus AKAP umumnya ada dalam terminal Bareh Solok, makanya calon penumpang naik di terminal tipe A ini,” paparnya. (h/alf)

 

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]