Wako Genius Umar Keluar Masuk Pasar Pantau Harga Sembako


Kamis, 26 Desember 2019 - 19:50:36 WIB
Wako Genius Umar  Keluar Masuk Pasar  Pantau  Harga Sembako Walikota Pariaman Genius Umar ketika berdialog dengan pedagang di Pasar Pariaman, dalam kegiatan tinjau harga sembako di pasar. TRISNALDIaldi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Walikota Pariaman, Genius Umar bersama Forkopimda melakukan peninjauan harga sembako di Pasar Pariaman, Kamis.(26/12).

Pada kegiatan itu walikota berdialog langsung dengan pedagang penjual sembako di pasar tersebut. Dari sejumlah dialog dengan pedagang penjual.sembako, tercermin harga jual  sembako berfluktuasi.

Harga gula pasir masih Rp13.000/kg dan beras lokal diantaranya beras mundam, sokan dan 42., Rp10.000/liter, dan telur ayam perbutir Rp1.500.  Kenaikan harga terjadi pada cabe merah, saat ini di jual pedagang seharga Rp30.000, yang harga sebelumnya lebih rendah.

Begitupun dengan harga minyak goreng curah dari Rp9.000,-/kg naik menjadi Rp11.500. Kacang padi harga Rp18.500 /kg dan kacang tanah Rp21 ribu/kg, bawang merah naik menjadi Rp30.000/kg.   

'Kalau cabe, bawang dan komoditi sejenisnya, kenaikan harga dipicu oleh pasokan barang yang kurang dan bisa juga gangguan panen serta cuaca," kata seorang pedagang sembako ketika.doalog soal harga dengan walikota pariaman, Genius Umar.

Sementara Jon, juga penjual sembako di Pasar Pariaman menjelaskan, terkadang kenaikan harga beli itu ada pada pedagang toko dengan agen, sementara untuk dijual ke pelanggan harga tidak naik karena kenaikanya tidak tinggi.

Namun kenaikan harga sangat dipicu oleh stok yang tersedia, kurang stok barang atau petani gagal panen, harga-harga sembako di pasar bisa melonjak kata dia.

Kegiatan tinjau pasar menjelang akhir tahun 2019 oleh Walikota Pariaman dan Forkopimda, tersebut, sebagai suatu pedoman dalam pengambilan kebijakan ke depan dan itu termasuk rutin di laksanakan, kata Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menjawab harianhaluan.com disela-sela legiatan berlangsung.(h/tri)

Reporter : TRISNALDI /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM