Astaghfirullah!! Ternyata Sekuat Ini Ledakan Blackhole


Kamis, 26 Desember 2019 - 21:11:41 WIB
Astaghfirullah!! Ternyata Sekuat Ini Ledakan Blackhole Blackhole

SURAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lubang hitam supermasif (blackhole) melahap semua yang ada di sekitar mereka. Bahkan, lubang hitam memuntahkan jet plasma dan menciptakan dua lubang besar 180 derajat beberapa miliaran tahun lalu.

Ukuran rongga juga akan memengaruhi dampak asteroid sesuai ukurannya. Dengan ukuran rongga-rongga itu, mahasiswa pascasarjana di MIT Kavli Institute for Astrophysics and Space Research (MKI) mencari tahu kekuatan ledakan lubang hitam.
"Calzadilla mengukur ledakan di gugus galaksi SPT-CLJ0528-5300 (SPT-0528) dengan menggabungkan volume dan tekanan gas yang dipindahkan dengan usia dua rongga," lapor Tech Explorist, dikutip Kamis (26/12/2019).

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk menghitung energi total ledakan. Dengan lebih dari 1.054 joule energi, kekuatan yang setara dengan sekitar 1.038 bom nuklir. Itu merupakan ledakan paling kuat yang dilaporkan dalam gugusan galaksi jauh.

Ia berkata, "ini adalah kasus ekstrem dari fase ledakan. Meskipun ledakan terjadi miliaran tahun yang lalu, dibutuhkan sekitar 6,7 miliar tahun bagi cahaya dari gugusan galaksi untuk melakukan perjalanan ke Chandra, observatorium emisi sinar-X NASA yang mengorbit Bumi."

Ledakan yang direkam dalam SPT-0528 memiliki kekhasan lain yang memisahkannya dari ledakan lubang hitam lainnya. Para astronom berpikir tentang prosedur pendinginan gas dan pelepasan gas panas dari blackhole sebagai keseimbangan yang menjaga suhu di gugus galaksi. (h/we)

loading...
 Sumber : Warta Ekonomi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]