Ngeri! Universitas Terkemuka Ini Ajarkan Ilmu Hantu ke Dokter


Jumat, 27 Desember 2019 - 09:13:15 WIB
Ngeri! Universitas Terkemuka Ini Ajarkan Ilmu Hantu ke Dokter ilustrasi hantu

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah universitas terkemuka di India memantik kontroversi karena menawarkan mata kuliah tentang hantu - khususnya mereka yang mengklaim kesurupan - bagi para dokter.

Banaras Hindu University (BHU) di Kota Varanasi mengatakan mata kuliah itu akan mulai diajarkan pada Januari 2020. Mata kuliah itu akan diajarkan selama satu semester.

Uniknya mata kuliah tersebut bukan diajarkan di fakultas kedokteran, tetapi oleh fakultas Ayurveda - yang mengajarkan sistem pengobatan kuno Hindu.

Universitas tersebut mengatakan bahwa mata kuliah ilmu hantu tersebut akan fokus pada gangguan psikosomatik, yang sering secara keliru dikaitkan dengan aktivitas paranormal.

BHU mengatakan bahwa sebuah unit khusus yang dinamai Bhoot Vidya (Ilmu Hantu) sudah dibentuk di kampus tersebut.

"Bhoot Vidya akan fokus pada gangguan psikomatik, penyakit yang pemicunya belum diketahui dan penyakit yang disebabkan oleh masalah kejiwaan," kata Yamini Bhushan Tripathi, Dekan Fakultas Ayurveda.

Tripathi mengklaim bahwa kampusnya adalah universitas pertama di India yang menawarkan mata kuliah ilmu hantu. Di dalamnya para dokter akan mempelajari terapi Ayurvedic, termasuk ilmu meracik obat-obatan herbal, pola makan, pijat, ilmu pernafasan, dll.

India memang salah satu negara dengan jumlah pengidap gangguan kejiwaan cukup tinggi. Sebuah survey pada 2016 menunjukkan bahwa 14 persen dari 1,3 miliar warga India mengalami masalah kejiwaan. Tetapi India hanya memiliki kurang dari 4.000 pakar kesehatan jiwa.

Rencana BHU mengajarkan ilmu hantu itu sendiri disambut beragam di India, meski sebagian besar menilai langkah itu konyol belaka.

"Masalah kejiwaan harus ditangani dengan pengobatan modern dan rehabilitas yang sesuai. Intervensi oleh pengobatan modern adalah harapan satu-satunya," tulis pengguna Twitter Bhooshan Shukla seperti dikutip BBC.

"Pelajaran tentang terapi ayurvedic adalah bidang studi kedokteran yang masuk akal. Masalah justru terletak pada penamaan, 'Bhoot Vidya'," tulis pemilik akun vipul_kp.

"Seluruh dunia: Big Data, Kecerdasan Buatan, Machine Learning. India: Mata kuliah Bhoot Vidya," sindir pemegang akun shrinivassg.

"Prioritas nasional India vs China. China telah memerintahkan riset teknologi 6G sebelum 5G digelar pada 2020. BHU, universitas terkemuka India, menawarkan kuliah satu semester soal Bhoot Vidya," timpal pengelola akun Rajesh Sawhney. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]