Petugas Damkar Pasaman Minim Alat Pelindung Evakuasi


Jumat, 27 Desember 2019 - 11:09:35 WIB
Petugas Damkar Pasaman Minim Alat Pelindung Evakuasi Petugas Damkar Posko Tapus baru saja mengevakuasi sarang tawon di pekarangan warga di Padanggelugur.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Pasaman, belum memiliki peralatan khusus untuk mengevakuasi ular dan sarang tawon di wilayah tersebut. Minimnya alat pelindung diri saat bertugas terkadang membuat petugas damkar bisa menjadi korban.

Seperti saat proses evakuasi sarang tawon vespa di pekarangan milik warga di Tapus Utara, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur pada 23 Desember 2019 lalu. Saat itu, sejumlah petugas damkar nyaris menjadi korban sengatan tawon mematikan itu.

Lewat unggahannya di media sosial Facebook, salah seorang petugas Damkar Posko Tapus, Dodi Arianto mengatakan, untuk proses evakuasi sarang tawon, pihaknya hanya menggunakan alat dan pakaian seadanya.

"Anggota Damkar dalam melakukan evakuasi sarang tawon vespa kemarin, terkendala oleh APD (Alat Pelindung Diri) atau peralatan untuk evakuasi sarang Tawon. Kami belum memiliki peralatan khusus," katanya. 

Pihaknya, kata dia, hanya menggunakan alat perlindungan diri seperti ketika memadamkan api saat kebakaran terjadi, tanpa adanya alat khusus. Seperti mengakalinya dengan memakai baju anti api, sarung tangan, dan helm. 

"Tetapi kadang ada saja tawon yang masuk di sela baju tersebut kemudian menyengat petugas," jelasnya. 

Walau demikian, lanjutnya, petugas Damkar selalu menanggapi laporan warga. Karena keberadaan tawon dalam jumlah banyak berpotensi membahayakan jiwa masyarakat.

"Kami mengimbau warga bila mengetahui keberadaan sarang tawon di permukiman untuk tidak menangani sendiri jika tidak memiliki kemampuan dalam penanganan sarang tawon," ujarnya. 

Petugas pemadam kebakaran tidak selalu berurusan dengan api. Untuk itu, ia berharap Pemerintah Daerah setempat dapat menganggarkan pembelian alat pelindung diri dan peralatan khusus untuk mengevakuasi sarang tawon juga ular. 
"Moga kedepannya Pemda Kabupaten Pasaman bisa menganggarkan Damkar Pasaman APD dan peralatan untuk membasmi sarang tawon dan ular yang meresahkan masyarakat, agar kinerja Damkar bisa lebih maksimal," katanya. 
Sebelumnya, Posko Damkar Tapus telah melakukan evakuasi terhadap sarang tawon vespa di batang pohon mangga depan rumah warga di Tapus Utara, Kecamatan Padanggelugur. Keberadaan sarang tawon itu sangat meresahkan warga setempat. Evakuasi dilakukan pada, 23 Desember 2019, pukul 23.30 Wib. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]