Whattt..?? Bos Garuda Bilang Tiket Pesawat Lebih Murah dari Ojol


Jumat, 27 Desember 2019 - 19:07:34 WIB
Whattt..?? Bos Garuda Bilang Tiket Pesawat Lebih Murah dari Ojol Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga tiket pesawat selalu meningkat drastis, terutama saat musim-musim liburan. Ketika itu terjadi banyak dari masyarakat yang merasa terbebani.

Tapi, dari sisi maskapai justru mengeluhkan hal yang sebaliknya. Seperti PT Garuda Indonesia Tbk yang merasa tarif ojek online justru lebih mahal ketimbang tiket pesawat untuk kelas ekonomi.

Plt Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal menjelaskan, jika dilihat dari regulasi tarif batas atas (TBA) masing-masing transportasi umum untuk pesawat kelas ekonomi TBA-nya sudah di bawah ojol.

"Ini bisa dilihat sendiri TBA masing-masing transportasi. Kalau pesawat yang diatur itu kelas ekonomi," ujarnya di kantor Garuda Indonesia, Tangerang, Jumat (27/12/2019).

Fuad menerangkan untuk TBA pesawat full service carier (FSC) rata-rata per km sebesar Rp 2.500/km per penumpang. Sementara untuk TBA ojol per km ditetapkan Rp 2.600/km per penumpang.

"Kalau dibandingin tarif ojek online sudah Rp 2.600. kemudian untuk taksi sudah Rp 6.500 (per km per penumpang). Jadi biar mengerti semua, memang secara industri tarif penerbangan di Indonesia sudah sangat murah," terangnya.

Hal itulah yang menjadi alasan Garuda Indonesia saat ini menentukan harga tarif tiketnya di level paling atas ketentuan TBA. Saat ini untuk rata-rata tarif tiket pesawat Garuda Indonesia berada di 85% TBA, sedangkan Citilink 70%.

"Dari 2016 Garuda hanya menjual 60% dari tarif range-nya. Citilink 30% di bawah. Sehingga secara rata-rata Garuda kenaikan harganya 25%, Citilink 40% setiap tahunnya," tuturnya.

Menurut Fuad pada 2016 dan 2017 industri penerbangan sangat tidak sehat. Meskipun jumlah penumpang naik, maskapai harus rela berdarah-darah lantaran hanya menjual tiket 60% dari TBA.

"Dari sisi harga industrinya sudah tidak sustain sama sekali. Industrinya bisa rusak sendiri dan mati. Suda lebih dari 15 airlines yang mati dalam 10 tahun karena kompetisinya tidak sehat," tutupnya.(*)


 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]