UBH Gelar FGD, Walikota Mahyeldi: Program 18-21 Pondasi Ketahanan Keluarga dan Bangsa


Jumat, 27 Desember 2019 - 20:25:59 WIB
UBH Gelar FGD, Walikota Mahyeldi: Program 18-21 Pondasi Ketahanan Keluarga dan Bangsa Universitas Bung Hatta (UBH) gelar Focus Group Discussion (FGD), Jumat (27/12). Ist

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Membentuk dan penguatan karakter bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan zaman digital Universitas Bung Hatta Focus Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan narasumber Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, anggota DPD RI, Emma Yohanna, Diaspora Indonesia yang berdomisili di Norwegia, Perwakilan HIMPAUDI Syur’ani, dan Dosen Universitas Andalas Rahmi Fahmi dengan tema "Upaya Bersama Pembentukan Karakter Generasi Muda Sumatera Barat" di Gedung B Universitas Bung Hatta, Ulak Karang Padang, Jumat (27/12).

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Masri Hasyar, menyampaikan ada dua hal yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan manusia yaitu bagaimana mengelola Sumber Daya Alam (SDA) dan Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM). SDA yang melimpah atau tidak sama sekali, tidak mempengaruhi tingkat kesejahteraan manusia kecuali sumber daya manusia dapat dimanfaatkan.

"Mengelola sumber daya alam dipengaruhi oleh bagaimana manusia mengatur dan memanfaatkan ilmu yang dimiliki, jika ilmu dan pengetahuan bermanfaat yang dilandasi dengan sikap dan perilaku positif," ujarnya.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan untuk menjadi negara dengan lima  besar di dunia saat ini program pembentukan karakter dimulai dari keluarga, yakni 18-21 dimana keluarga dekat dengan Allah, dengan kegiatan mengerjakan shalat dan pengajian bersama serta waktu bersama anak-anak.
Untuk mensukseskan program ini pemko Padang menganggarkan alokasi dana untuk ketahanan keluarga dalam bentuk reward berupa Umrah yang didanai oleh pemko Padang

"Kedekatan dengan keluarga adalah dengan makan malam bersama. Ini adalah usaha dalam pembangunan karakter dalam keluarga. Kita juga memberikan reward bagi ketahanan keluarga berupa umrah dan sekarang pemko Padang sudah memberangkatkan tiga keluarga, dan satu keluarga yang berprestasi dikecamatan," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Pemerintah Kota Padang telah membebaskan biaya pendidikan dari SD-SLTA yang dimulai dari tahun 2014-2019. Tahun 2019 Pemko Padang membuat program pembinaan generasi muda di kecamatan-kecamatan dan juga bekerjasama dengan beberapa instansi dan lembaga

Hadir juga anggota DPD RI, Emma Yohanna mengatakan bahwa pembentukan karakter penting untuk generasi muda. Usia golden age sudah terbentuk karakter, yakni pada pendidikan anak usia dini sebanyak 80 persen, sisanya 20 persen diisi pasca usia PAUD.  Pembentukan karakter pada usia golden age tidak bisa disia-sia kan. Maka orang tua harus serius dalam pembentukan karakter anak dengan cara-cara yang sederhana.

"Karena perilaku keseharian kita akan berdasarkan pembentukan karakter yang terbangun sejak kecil. Kota Padang bisa melebihi Norwegia dalam hal pembentukan karakter apabila bisa sinergi antara pemerintah, komunitas dengan diaspora," ucapnya

Arswendy Diaspora Indonesia dari Norwegia mengatakan Penduduk Norwegia hampir sama dengan Sumatera Barat artinya memiliki SDM yang sama. Kekayaan alam dan SDM antara Sumbar dan Norwegia hampir sama. Kenapa Sumbar ketinggalan, karena Norwegia selalu mengedepankan SDM contohnya dalam berlalu lintas yang tertib, sabar, mau menunggu dan tidak mengambil hak orang lain dalam berkendara.

"Karakter positif akan membuat negara maju. Manusia dengan karakter yang kuat akan bisa menciptakan teknologi hebat dan mampu mengumpulkan dana yang banyak. Jepang dan Jerman maju setelah terpuruk karena Perang Dunia II mampu bangkit karena  karakter masyarakatnya yang kuat,” ujarnya

 Perwakilan HIMPAUDHI, Syur'ani mengatakan  unsur pendidikan adalah keluarga, sekolah dan masyarakat harus saling menyatu dan terintegrasi. Terputusnya mata rantai ketiganya. Program parenting adalah upaya mengoptimalkan kemampuan anak, dgn kerjasama antara guru dan orang tua.(h/dft)

Reporter : Dft /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]