Selama 2019, Terjadi 39 Kasus Kecelakaan di Solsel, 14 Orang Meninggal


Jumat, 27 Desember 2019 - 21:12:56 WIB
Selama 2019, Terjadi 39 Kasus Kecelakaan di Solsel, 14 Orang Meninggal Kasat Lantas Polres Solsel, AKP Dwi Yulianto

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Terjadi 39 kecelakaan lalu lintas (laka lantas) sepanjang 2019 hingga 26 Desember di Solsel, sementara 14 orang korban meninggal dunia dan 69 luka ringan. 

Seperti disebutkan, Kasat Lantas Polres Solsel, AKP Dwi Yulianto bahwa angka laka lantas paling tinggi di 2019, terjadi pada Agustus. Yakni, 10 kasus laka dengan 5 orang meninggal dunia dan 15 orang luka ringan. Kemudian, pada November terjadi 6 laka dengan satu korban meninggal dunia dan 12 orang luka ringan. Untuk luka berat nihil.

Dia mengatakan, korban laka lantas umumnya terjadi pada pelajar atau anak dalam usia produktif. "Tapi, di Maret 2019 tidak terjadi laka lantas di Solsel. Untuk jumlah kerugian materil akibat laka lantas mencapai angka Rp42 juta," sebutnya pada Haluan, Jumat (27/12).

Menurut AKP Dwi Yulianto, terjadi penurunan laka lantas pada Desember dikarenakan adanya kesadaran dari pengendara dalam kelengkapan berkendara. "Upaya dalam menekan angka laka lantas dilakukan secara preventif yakni dengan patroli dan memberikan imbauan di daerah rawan kecelakaan seperti ditikungan," kata Kasat Lantas yang mulai bertugas November 2019 di Polres Solsel itu.

Selanjutnya, imbuhnya dilakukan upaya sosialisasi terhadap pelajar dengan mengunjungi sekolah-sekolah mulai dari tingkat SMP-sederajat sampai tingkat SMA-sederajat. Dan sosialisasi pada tukang ojek yang mangkal. "Selain itu juga dilakukan uji kelayakan kendaraan umum," ucapnya.

Sedangkan, upaya penegakan hukum dilakukan razia kendaraan. "Untuk anak sekolah yang ditilang, maka kendaraan ditahan dan harus bersama orangtua menjemputnya. Jika kendaraan diluar spesifikasi, misal knalpot racing atau kelengkapan lainnya. Maka harus distandarkan dahulu," katanya.

Kemudian, terkait surat tilang sepanjang 2019 telah terbit 2.039 surat tilang. Dimana, tilang terbanyak pada November 2019 yakni 476 tilang. 

Jika dirinci, kasus laka lantas di Solsel tiap bulan hingga (27/12). Januari 4 kasus sebanyak 3 orang meninggal dan 7 luka ringan. Februari 4 kasus, 1 meninggal dan 6 luka ringan. Maret nihil. April 2 kasus, 1 meninggal, 3 luka ringan. Mei 2 kasus, 4 luka ringan. Juni 2 kasus, 3 luka ringan. Juli 5 kasus, 2 meninggal, 9 luka ringan. Agustus 10 kasus, 5 meninggal, 15 luka ringan. September 2 kasus, 1 meninggal, 4 luka ringan. Oktober 1 kasus, 3 luka ringan. November 6 kasus, 1 meninggal, 12 luka ringan. Desember 1 kasus, 3 luka ringan. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]