Nasrul Abit: Penghulu Harus Jadi Panutan Kaum


Jumat, 27 Desember 2019 - 23:25:59 WIB
Nasrul Abit: Penghulu Harus Jadi Panutan Kaum Wagub Sumbar, Nasrul Abit, saat menghadiri prosesi Batagak Penghulu di VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (27/12). IST/REL

PADANG, HARIANHALUAN.COM  - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menekankan agar penghulu di Minangkabau mesti menjadi panutan bagi anak dan kamananakan. Bagaimana pun, penghulu bertanggung jawab dalam membentengi kaumnya dari ancaman degradasi moral yang terangkut sebagai konsekwensi perkembangan zaman.

Hal itu disampaikan Nasrul saat menghadiri acara Batagak Penghulu di VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (27/12). Agar menjadi panutan, Nasrul meminta penghulu selalu menjaga diri untuk terus berbudi luhur, bertingkah laku baik, dan bertutur kata sopan. 

“Penghulu di Minangkabau adalah pemimpin kaum dan pemuka adat dalam Nagari. Jabatan turun-temurun ini terus digarikan ke keturunan selanjutnya. Sementara, generasi muda Sumbar terus berada dalam ancaman degradasi moral akibat rendahnya pemahaman agama dan pemahaman adat. Itu harus dipahami,” kata Nasrul Abit.

Pergaulan bebas, perilaku menyimpang LGBT, pengaruh narkoba, pengaruh negatif teknolgi, dan lain sebagainya, dinilai Nasrul Abit tidak akan memapar generasi muda Minangkabau selama pengawasan dari orang tua dan niniak mamak berjalan di dalam koridor perannya.

“Oleh karena itu, peran penghulu yang harus memegang prinsip manimbang samo barek, mambagi samo banyak, lamak dek awak katuju dek urang, sangat dibutuhkan untuk membentengi generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif itu,” kata mantan Bupati Pessel dua periode itu lagi.

Nasrul Abit juga mengingatkan, bahwa degradasi moral yang terjadimenimbulkan keperihatinan yang sangat mendalam. “Tulang punggung nagari akan rapuh termakan kehancuran moral. Padahal, di pundak generasi mudalah masa depan dipertaruhkan. Jika generasi muda hancur, maka hancurlah nagari,” ucapnya lagi.

Namun demikian, Nasrul Abit menekankan bahwa ancaman degradasi moral terhadap generasi muda bukan hanya beban tanggung jawab para penghulu. Namun, harus pula menjadi tanggung jawab dasar pemerintah, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang. "Meski penghulu adalah penanggung jawab kaum, tetapi untuk mengatasi masalah ancaman degradasi moral adalah pekerjaan bersama,"ujarnya menutup. (h/rel)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]