Soal Toleransi Beragama, Jokowi Contohkan Persahabatan M Natsir dengan Ig Kasimo


Sabtu, 28 Desember 2019 - 09:34:15 WIB
Soal Toleransi Beragama, Jokowi Contohkan Persahabatan M Natsir dengan Ig Kasimo Presiden Joko Widodo

BOGOR, HARIANHALUAN.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Perayaan Natal Nasional 2019 di SICC, Sentul, Bogor, Jumat (27/12).

Dalam perayaan Natal kali ini, presiden kembali menggaungkan pesan toleransi dan pesannya agar umat beragama di Tanah Air dapat saling menghormati perbedaan yang ada.

Dalam pidatonya, Jokowi sempat mengambil kisah persahabatan dua tokoh bangsa, yakni Muhammad Natsir selaku pendiri Partai Masyumi dan Ignatius Joseph Kasimo sebagai pemimpin Partai Katolik Indonesia.

Menurut Jokowi, masyarakat Indonesia saat ini bisa bercermin dari prinsip toleransi yang dijalankan kedua tokoh tersebut. Meski jelas memiliki keyakinan yang berbeda, keduanya masih menghormati dan saling memanusiakan.

"Ketika hari raya Natal, Bapak Natsir selalu berkunjung ke rumah IJ Kasimo. Sebaliknya saat Idul Fitri bapak IJ Kasimo berkunjung ke rumah Bapak Natsir. Inilah indahnya persahabatan di antara dua tokoh bangsa. Mungkin juga bisa jadi inspirasi," ujar Jokowi dalam pidatonya di SICC Sentul, Jumat (27/12).

Jokowi juga sempat mengutip kisah persahabatan antara KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur selaku presiden keempat RI dan Romo Mangunwijaya. Jokowi memandang bahwa perjalanan Bangsa Indonesia telah menghadirkan banyak kisah yang kental dengan nilai toleransi dan masih sesuai dengan kondisi saat ini.

"Namun saya ingatkan dalam perjalanan sejarah kita sering diuji apakah kita mampu menjaga kebersamaan di antara kita," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini Presiden juga mewanti-wanti bahwa ada pihak-pihak yang mencoba mengganggu kedamaian hubungan antarumat beragama dan antarsuku dengan cara menebar kebencian dan pesan intoleransi.

Meski begitu, Jokowi yakin ikatan persaudaraan dan persahabatan umat beragama di Indonesia cukup kuat untuk mengatasi tantangan tersebut. 

"Saya yakin dengan semangat persaudaraan dan persahabatan kita akan mampu hadapi semuanya. Saya memiliki keyakinan itu," kata Jokowi.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]