Hujan Deras di Sijunjung, Puluhan Hektar Sawah Terdampak


Sabtu, 28 Desember 2019 - 21:27:09 WIB
Hujan Deras di Sijunjung, Puluhan Hektar Sawah Terdampak Luapan Sungai Tampiko yang merendam puluhan hektar sawah milik warga di Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Sabtu (28/12).

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Sijunjung membuat beberapa sungai di Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung meluap.

Luapan air juga menggagalkan rencana penanaman padi warga di desa Kampung Baru Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan. Meluapnya sungai Ghosan (batang Ghosan) tersebut membuat para petani mengundurkan jadwal penanaman padi yang semestinya dilakukan Sabtu ini

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sijunjung Sofyan Hendri juga warga Nagari Padang Sibusuk menyebutkan bahwa memang terjadi luapan air di beberapa sungai di Kecamatan Kupitan. Menurutnya, luapan tersebut akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Jumat (27/12) sore.

“Akibat luapan anak sungai, banyak persawahan warga terendam air, bahkan beberapa rumah warga juga dihampiri banjir, namun tidak lama. Alhamdulillah tidak menimbulkan korban,” sebutnya, Sabtu (28/12)

Sementara itu, Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi menambahkan persawahan warga yang terendam berada di kawasan Singkowuo, Nagari Padang Sibusuk akibat luapan Batang Tampiko.

Data sementara yang dikumpulkan, kurang lebih 35 hektar sawah warga di Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan yang terendam air dengan kondisi sudah ditanam padi.

Di lain pihak, Plt Kepala BPBD Sijunjung Hendri Caniago terus mengingatkan warga agar terus waspada di saat curah hujan masih tinggi saat ini.

“Terutama bagi warga yang berada di bantaran sungai atau yang bermukim di bawah tebing atau perbukitan agar selalu waspada saat hujan melanda, karena kita tidak bisa prediksi kapan bencana akan terjadi,”ucap mantan Kabag Humas Setdakab Sijunjung itu. (*)

loading...
Reporter : Oghay /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]