10 Gubernur Terpopuler dalam Pemberitaan 2019


Ahad, 29 Desember 2019 - 07:47:32 WIB
10 Gubernur Terpopuler dalam Pemberitaan 2019 Anies Baswedan, salah satu gubernur yang jadi media darling, alias paling sering diberitakan di media massa.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Indonesia Indicator (I2) sebuah perusahaan Media Intelijen dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence mencatat ada 10 nama gubernur dan wakil gubernur Tanah Air yang menguasai panggung pemberitaan dari 4.019 media online, sepanjang 2019.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang mengatakan, ke-10 nama gubernur dan wakil gubernur yang paling banyak diberitakan media online (Gubernur Terpegah) sepanjang 2019 itu di antaranya diisi oleh para kepala daerah dari wilayah Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. "Empat figur Gubernur Terpegah teratas masih diisi oleh gubernur-gubernur yang memiliki karakter media darling," ungkap Rustika melalui siaran persnya kepada Republika.co.id, Ahad (29/12).

Empat figur kepala daerah yang mendominasi pemberitaan media itu adalah Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan Ganjar Pranowo. Ke-4 gubernur ini, kata Rustika, merepresentasikan provinsi-provinsi besar di Pulau Jawa. Selama satu tahun terakhir, nama Anies menghiasi sekitar 83.627 berita.

"Pemberitaan Anies Baswedan banyak disorot terkait persoalan seputar DKI Jakarta, baik isu polemik maupun program kerja," kata Rustika. Beberapa isu viral yang disorot publik adalah pengadaan anggaran dan pengaturan tata letak pembangunan infrastruktur DKI Jakarta.

Menurut Rustika, pembangunan infrastruktur yang banyak disorot seperti perluasan trotoar dan revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO). Selain itu, dari segi pengadaan anggaran yang ramai disorot soal transparansi anggaran seperti kasus pengadaan lem Aibon.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi ke-2 Gubernur Terpegah 2019 di media online. Nama Kang Emil, begitu biasa disapa, dalam setahun terakhir ini muncul dalam 36.140 berita. Sementara itu, posisi ke-3 diduduki oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Nama mantan menteri sosial itu muncul dalam 31.010 berita.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati posisi ke-4 sebagai Gubernur Terpegah 2019. Nama kader PDI Perjuangan itu menghiasi sebanyak 25.662 berita di media online. Posisi ke-5 ditempati Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan 22.229 berita.

Sedangkan, posisi ke-6 hingga ke-9 Gubernur Terpegah 2019 masing masing ditempati oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dengan 20.560 berita. Gubernur Riau, Syamsuar dengan 18.203 berita. Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dengan 16.208 berita, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey 11.273 berita. 

Posisi ke-10 diduduki Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dengan 8.643 berita. "Emil Dardak menjadi satu-satunya wakil gubernur yang masuk deretan figur terpegah. Isu yang banyak dikaitkan dengan Emil Dardak seputar isu pemberdayaan masyarakat khususnya milenial. Isu-isu dengan nuansa program yang diidentikkan dengan Emil Dardak seputar pengembangan ekonomi digital (Industri 4.0) dan revitalisasi SMK hingga Madrasah," papar Rustika.(*)

 

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]