Pertama di RI! Ruas Tol Ini Bisa 'Nyanyi' Happy Birthday


Ahad, 29 Desember 2019 - 09:29:15 WIB
Pertama di RI! Ruas Tol Ini Bisa 'Nyanyi' Happy Birthday Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas memang bukan perkara mudah. Berbagai kebijakan hingga inovasi terus dihadirkan pemerintah demi menjamin keselematan para pengendara.

Baru-baru ini, masyarakat dibuat heboh dengan adanya inovasi lain di sebuah jalan tol demi mengurangi kecelakaan berkendara. Di mana, saat pengendara meningkatkan sedikit saja kecepatan laju mobilnya, seketika itu pula, di ruas tol tersebut langsung terdengar nada lagu Happy Birthday.

Ruas jalan tol itu adalah jalan tol sepanjang 87 kilometer (Km) yang menghubungkan Ngawi hingga Kertosono atau Jalan Tol Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

"Pada dasarnya terkait singing road ini, dibangun untuk mengurangi adanya kemungkinan kecelakaan lalu lintas dikarenakan pengendara yang tidak fokus, bisa karena mengantuk ataupun hal lainnya," ucap Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Dwi Winarsa kepada detikcom, Sabtu (28/12/2019).

Inovasi ini disebut singing road atau jalan bernada, ini merupakan pertama kali dan satu-satunya diterapkan pada jalan tol di Indonesia.

"Singing road ini merupakan marka jalan berupa rumble strip (Pita Penggaduh) yang dipasang di lajur jalan tol tepatnya di Km 644+200 B (arah Surabaya-Solo) yang jika dilewati kendaraan dengan kecepatan 80-100 Km/jam akan menimbulkan bunyi atau nada," sambungnya.

Menurut Dwi, saat ini baru ada 6 nada singing road yang berada di lajur cepat Km 644+200 dan bunyi yang ditimbulkan adalah tangga nada dari lagu Happy Birthday.

"Nada lagu ini sengaja dipilih karena sudah familiar didengar di telinga masyarakat," katanya.

Untuk mengantisipasi kaget yang justru berbahaya bagi keselamatan pengendara, pihak PT Jasamarga JNK sudah menyiapkan rambu pemberitahuan di dekat pita penggaduh yang dipasang.

"Untuk masalah kaget, sebenarnya sudah diantisipasi dengan rambu pemberitahuan sebelum lokasi singing road ini berada," pungkasnya.

Menurut catatan PT Jasamarga JNK, sepanjang musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019-2020 ini, ruas tol ini sudah dilewati sebanyak 20 ribu kendaraan. Diperkirakan, jumlah kendaraan yang melewati ruas tol ini akan meningkat hingga 6% sepanjang musim libur terlaksana.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]