Sudah Dapat Bonus Akhir Tahun? Jangan Cuma Foya-Foya, Begini Cara Mengelolanya...


Ahad, 29 Desember 2019 - 11:35:06 WIB
Sudah Dapat Bonus Akhir Tahun? Jangan Cuma Foya-Foya, Begini Cara Mengelolanya... Ilustrasi

FINANSIAL, HARIANHALUAN.COM - Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Bukan cuma segala keperluan yang dipersiapkan untuk merayakan pergantian tahun, tapi juga siap menerima bonus dari perusahaan. Beberapa perusahaan memang memberikan bonus akhir tahun kepada pegawainya. Walaupun banyak juga yang tidak. Tapi biasanya ada bonus tahunan dengan pembagian sesuai kebijakan perusahaan, misalnya di awal tahun.

Sebetulnya bonus akhir tahun atau bonus tahunan sama saja. Diberikan berdasarkan evaluasi kerja selama setahun. Besaran bonus akhir tahun ini lumayan besar. Minimal satu kali gaji. Jika performa kerjamu sangat bagus, disesuaikan level atau jabatan, bonus yang diterima bisa mencapai 2 atau 3 kali lipat dari gaji bulanan.

Berapapun jumlah bonus akhir tahun yang bakal kamu dapatkan, berbahagialah. Tidak semua orang memperolehnya. Jadi kalau kamu menerima bonus akhir tahun, sebaiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Bonus akhir tahun juga harus dikelola dengan tepat supaya tidak habis begitu saja. Numpang lewat doang tanpa bekas. Boleh sih menggunakan bonus untuk sesuatu yang sudah lama kamu butuhkan atau inginkan. Katakanlah sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri karena sudah bekerja keras selama setahun.

Tapi uang jangan langsung dihambur-hamburkan, apalagi buat foya-foya. Jika ingin memanfaatkan bonus akhir tahun, berikut pengelolaannya dengan tepat.

Bayar Utang-utangmu

Masih punya utang yang belum lunas? Langsung bayar ketika kamu menerima bonus akhir tahun. Jangan tunda lagi untuk melunasinya. Utang lunas, beban keuangan akan berkurang. Hidup jadi lebih tenang, tidur bisa nyenyak.

Jika punya beberapa tagihan utang, sementara uang bonus tidak cukup untuk melunasinya, maka bayar utang sesuai kondisi keuanganmu. Yang penting utang dibayar untuk tagihan bulan ini, atau bulan depan, beserta bunganya.

Utang merupakan prioritas penggunaan uang bonusmu. Jadi jangan beratkan bonus akhir tahunmu untuk hal lain, sebelum membayar utang. Kalau utang terbayar, kondisi keuanganmu akan lebih sehat di tahun baru nanti.

Memanjakan Diri

Setelah membayar atau melunasi utang, pasti ada perasaan lega. Bila uang bonus masih ada, kamu dapat menggunakannya sekitar 10-20% untuk memanjakan diri. Misalnya sudah lama ingin beli sepatu incaran dan mentraktir orangtua atau keluarga makan bersama. Sah-sah saja.

Ingat belanjanya jangan kebablasan. Komitmen terhadap diri sendiri penting untuk mengerem pengeluaran. Ada loh kebutuhan lain yang juga perlu alokasi dana dari uang bonusmu.

Alokasikan untuk Dana Darurat

Cek dana daruratmu? Apakah sudah memadai? Jika ternyata butuh suntikan dana, segera sisihkan uang bonus akhir tahunmu untuk dana darurat. Pun kalau ternyata sudah dirasa cukup, tak ada salahnya tetap mengalirkan bonusmu ke pos tersebut.

Untuk berjaga-jaga kalau kamu berada dalam situasi keuangan yang sulit atau untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti membiayai pengobatan atau perawatan rumah sakit, dan sebagainya. Daripada buat belanja barang-barang yang tidak penting, lebih baik manfaatkan sebagai dana darurat.

Jangan Lupa Investasi

Uang bonus akhir tahun juga dapat digunakan untuk kegiatan investasi. Investasi merupakan salah satu cara tepat untuk ‘menggandakan uang.’ Kamu dapat berinvestasi dengan membeli emas, rumah, atau tanah.

Jika mau di portofolio lain, bisa kok. Misalnya di reksadana, obligasi negara, menjadi lender di fintech peer to peer (p2p) lending, saham, dan produk investasi lain. Pemilihan produk investasi yang tepat akan membawamu mencetak untung banyak.

Tapi ingat ya, menanamkan modal di perusahaan yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun regulator lain, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI), Kementerian Perdagangan, Bappebti agar kamu tak menjadi korban investasi bodong.

Bersyukur dan Jangan Lupa Berbagi

Bonus akhir tahun cair, rekening menggendut. Nikmati uang bonus ini dengan penuh manfaat, bukan untuk bersenang-senang saja. Tentu saja kamu harus bersyukur dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Ketika bisa berbagi dari hasil kerja kerasmu, pasti ada perasaan bahagia yang menyelimuti dirimu.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 13:54:17 WIB

    Acara Pernikahan Dilarang tapi Undangan Sudah Disebar, Bagaimana Mensiasatinya?

    Acara Pernikahan Dilarang tapi Undangan Sudah Disebar, Bagaimana Mensiasatinya? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mengingat adanya sanksi pidana yang diberlakukan, apakah benar pernikahan dilarang sama sekali saat Indonesia menghadapi masa tanggap darurat korona? Bagaimana dengan pihak keluarga dan calon penga.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 12:01:02 WIB

    Corona Mewabah, Alquran Sudah Ingatkan Tinggal di Rumah Saat Bahaya

    Corona Mewabah, Alquran Sudah Ingatkan Tinggal di Rumah Saat Bahaya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus corona mengubah rutininitas hampir semua orang yang awalnya menghabiskan waktu di luar rumah. Untuk menekan risiko penularan COVID-19, masyarakat harus menerapkan tinggal di rumah, un.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 20:22:04 WIB
    KOMUNIKASI PEMERINTAH MENYOAL PENANGANAN VIRUS CORONA

    Apakah Sudah Berjalan Baik Atau Sebaliknya ?

    Apakah Sudah Berjalan Baik Atau Sebaliknya ? Kemunculan 2019-nCoV atau kita kenal sebagai Virus Corona telah menyita perhatian global ketika dengan ganasnya virus ini memakan korban dari berbagai negara. Wabah sejenis pneumonia ini muncul pertama kali di kota Wuhan nege.
  • Jumat, 08 November 2019 - 14:14:59 WIB

    Jauh Hari, Tan Malaka Sudah Bicara Radikal Lewat "Aksi Massa"

    Jauh Hari, Tan Malaka Sudah Bicara Radikal Lewat HARIANHALUAN.COM -- Penghujung tahun 2019, tepatnya sejak pelantikan Presiden, isu radikal mulai kembali banyak dibicarakan oleh para tokoh politik, agama dan budaya di Indonesia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]