CW Desak Presiden Jokowi Copot Menkumham Yasonna Laoly


Ahad, 29 Desember 2019 - 20:48:15 WIB
CW Desak Presiden Jokowi Copot Menkumham Yasonna Laoly Lapas Sukamiskin

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendorong presiden Joko Widodo untuk memberhentikan Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly. Hal itu diminta ICW terkait masih munculnya kasus para terpidana korupsi di tempat umum seperti Setya Novanto hingga soal sel mewah di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat.

"Ini bukan kali pertama terjadi, sudah berulang kali sel mewah ditemukan oleh Ombudsman dan ada stasiun TV swasta. KPK juga sudah melakukan tangkap tangan. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Jokowi untuk mempertahankan Yasonna pada Menkumham. Lebih baik yang bersangkutan diganti saja karena gagal," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di kantornya, Jakarta, Minggu 29 Desember 2019.

Kurnia menegaskan, lembaga pemasyarakatan merupakan benteng terakhir dari sistem peradilan pidana. Di mana sebagai benteng terakhir seharusnya Lapas Sukamiskin dijaga sangat ketat sehingga para napi koruptor tak bisa kemana-mana dan tertib menjalankan masa hukuman.

"Yang terjadi justru sebaliknya. Sel mewah dan berulang kali napi koruptor ditemukan di luar lapas," katanya.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan tak akan ada lagi kamar mewah di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, tahun 2020. Pihak Lapas dikatakan sedang membongkar kamar-kamar mewah tersebut.

Langkah itu merespons temuan Ombudsman RI mengenai adanya kamar luas dengan berbagai fasilitas yang ditempati oleh mantan Ketua DPR Setya Novanto, mantan Bendahara Umum Demokrat Nazaruddin dan mantan Kakorlantas Polri Djoko Susilo.

"Terkait tiga kamar besar yang dipertanyakan komisioner Ombudsman, pihak Lapas Sukamiskin saat ini menyatakan sedang melaksanakan penertiban seluruh kamar hunian termasuk tiga kamar besar tersebut," kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS, Ade Kusmanto kepada awak media, Selasa, 24 Desember 2019.

Ade mengungkapkan, kamar-kamar mewah yang tidak sesuai ketentuan itu sudah tak ada lagi pada 2020. Menurutnya, perbaikan kamar Lapas Sukamiskin sesuai standar dengan mempertimbangkan kesehatan, sanitasi, ventilasi, pencahayaan, serta berbasis HAM.

"Awal 2020 seluruh kamar hunian Lapas Sukamiskin sudah sesuai standar hunian berbasis HAM, dan tidak ada diskriminasi pemberian fasilitas mewah atau perlakuan khusus kepada narapidana tertentu, termasuk kepada Setnov, Nazarudin, Djoko Susilo dan lainnya," kata dia.(h/vva)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 20:27:20 WIB

    Ini 9 Sebab ICW Desak Pencopotan Yasonna dari Menkum HAM

    Ini 9 Sebab ICW Desak Pencopotan Yasonna dari Menkum HAM JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot Yasonna H. Laoly dari jabatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).   Setidaknya, ada 9 alasan ICW minta penco.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 10:14:34 WIB

    Tak Hanya Dirjen Imigrasi, ICW: Yasonna juga Harus Dipecat

    Tak Hanya Dirjen Imigrasi, ICW: Yasonna juga Harus Dipecat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Corruption Watch menilai, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly juga harus dicopot oleh Presiden Joko Widodo..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 22:26:40 WIB

    Harun Masiku Bisa Buron, ICW: Seharusnya Menkum HAM Yasonna yang Dicopot 

    Harun Masiku Bisa Buron, ICW: Seharusnya Menkum HAM Yasonna yang Dicopot  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly  telah memberhentikan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Namun  Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramdhani menilai tak tepat hanya Dirjen Imigrasi.
  • Senin, 30 Desember 2019 - 01:07:47 WIB

    Catatan Akhir Tahun, ICW: 2019, Tahun Kehancuran KPK!

    Catatan Akhir Tahun, ICW: 2019, Tahun Kehancuran KPK! JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menilai 2019 adalah tahun kehancuran bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kurnia bahkan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR s.
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 18:58:38 WIB

    ICW Minta Polisi Dalami Dugaan Percobaan Pembunuhan terhadap Novel

    ICW Minta Polisi Dalami Dugaan Percobaan Pembunuhan terhadap Novel JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta polisi mendalami kasus penyiraman air keras ke penyidik KPK Novel Baswedan. ICW menyebut polisi harus mencari aktor intelektual di balik penyiraman Novel da.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM