Dua Cabang Olahraga Pada Porprov 2020 Bakal Digelar di Dharmasraya


Senin, 30 Desember 2019 - 14:32:07 WIB
Dua Cabang Olahraga Pada Porprov 2020 Bakal Digelar di Dharmasraya Ketua FAJI Dharmasraya Mashery Yanda Boy, memaparkan kepada Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir tentang Sungai Jujuhan yang akan dijadikan salah satu Venue pada Porprov 2020 mendatang.FAJI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua Cabang Olahraga (Cabor) sudah dipastikan digelar di Kabupaten Dharmasraya pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2020. Kedua cabor yang digelar pada Porprov bersama tersebut adalah Arung Jeram yang tergabung dalam Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dan Aero Sport yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Dharmasraya sudah diputuskan sebagai tuan rumah dua Cabor pada Porprov mendatang, ini sudah keputusan hasil rapat KONI Sumbar bersama KONI kabupaten dan kota se Sumbar pekan lalu,"ungkap Plt.Ketua KONI Dharmasraya, H Eri Antoni,SE, kepada HARIANHALUAN.COM, Senin (30/12), di Pulau Punjung.

Dijelaskannya, pada rapat awal beberapa waktu lalu, Dharmasraya tidak mendapatkan satu Cabor pun sebagai tuan rumah, namun setelah rapat pekan lalu Dharmasraya dipercayakan untuk tuan rumah Arung Jeram dan Aero Sport. Meski sebelum ini Cabang Gulat juga disebut sebut juga dipercayakan sebagai tuan rumah karena sudah sukses menggelar kejuaraan gulat nasional, namun akhirnya Kota Padang diputuskan sebagai tuan rumah.

Sementara katanya, dua Cabor tersebut sudah dilakukan kajian kajian secara tekhnis oleh federasi masing masing, maka arena yang akan dipakai sangat layak, meski ada faktor faktor pendukung yang harus diperbaiki atau dilengkapi. Misalnya jalan untuk menuju arena yang harus di perbaiki.

"Untuk Cabor Arung Jeram yang berada di Asam Jujuhan atau Sungai Jujuhan itu, cukup menarik perhatian para pecinta olahraga yang penuh tantangan itu.Arena juga sudah dicoba, Bupati dan Kapolres Dharmasraya juga sudah melihat langsung arena tersebut," ungkap Ketua FAJI Dharmasraya, Mashery Yanda Boy yangbjuga staf ahli Bupati Bidang Hukum.

Sedangkan untuk Cabor Aero Sport yang berada di Bukit Tambun Pulau Punjung itu, secara tekhnis tidak perlu diragukan lagi, karena kejuaraan sekelas internasional sudah digelar dan cukup sukses secara tekhnis, namun non tekhnis yang perlu menjadi perhatian adalah infrastruktur jalan menuju lokasi perlu menjadi perhatian serius.

Hal itu memang diakui oleh salah seorang official Aero Sport Payakumbuh kepada HARIANHALUAN.COM, kalau view ia mengakui bagus Puncak Lawang, tetapi untuk tekhnis terbang, lebih bagus di Dharmasraya."Kalau Puncak Lawang, bisa tidak terbang dalam satu hari, karena angin yang tidak menentu, sedangkan Bukit Tambun untuk angin sangat bagus,"ucap Iqbal.(h/mdi)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]