Banjir Robohkan Jembatan Mulak Lahat Sumsel, Rumah Hanyut


Senin, 30 Desember 2019 - 14:46:06 WIB
Banjir Robohkan Jembatan Mulak Lahat Sumsel, Rumah Hanyut Jembatan penghubung Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan ambruk diterjang arus sungai deras, Senin (30/12) pukul 05.00 WIB. (Foto: Dok. BPBD)

PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM -  Jembatan penghubung Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan ambruk diterjang arus sungai yang deras akibat intensitas hujan tinggi pada Senin (30/12) pukul 05.00. Banjir di kawasan itu turut merusak belasan rumah warga.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan hujan terjadi sejak Minggu (29/12) malam.

Jembatan mulai tergerus saat debit air Sungai Mulak meninggi. Puncaknya, pada dini hari, warga sekitar mendengar suara keras dari jembatan yang ambruk.

Air pun menggenangi wilayah pemukiman warga, bahkan belasan rumah roboh dan enam diantaranya hanyut terbawa arus air.

"Beberapa desa yang terdampak diantaranya Lesung Batu, Air Pur, Pajar Bulan. Jalan raya yang dihubungkan jembatan pun tidak bisa dilalui sementara waktu. Jalur sementara dialihkan ke Semende, Muara Enim," ujar Ansori.

Dia menuturkan kondisi genangan air saat ini berangsur-angsur surut. BPBD Sumsel masih melakukan pendataan atas kerugian materiil yang diderita warga. Sementara ini, 10 rumah dilaporkan rusak berat dan petugas masih melakukan evakuasi terhadap para warga terdampak.

"Belum dilaporkan apakah ada korban jiwa atau hilang. Beberapa desa terisolir karena jembatan ambruk. Kami masih melakukan pendataan jumlah bangunan yang terdampak, bisa masih bertambah," ujar dia. (h/cnn)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 10:01:13 WIB

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan HARIANHALUAN.COM - Banjir yang disebabkan oleh hujan deras dan angin kencang pada Rabu (23/9/2020) kemarin menggenangi pemukiman warga di Kabupaten Pessel. Banjir dengan debit air hingga lutut orang dewasa tersebut terjadi di.
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:31:36 WIB

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang menguyur pada beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatab (Pessel) dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di daerah tersebut, Rabu (23/9)..
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:24:09 WIB

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel HARIANHALUAN.COM - Selain Kota Padang, banjir juga melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Hingga kini, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tengah berjibaku untuk melakukan antisipa.
  • Ahad, 06 September 2020 - 19:37:33 WIB

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang melanda hampir di seluruh kawasan wilayah Kabupaten Sijunjung sejak Jumat (4/6/2020) malam hingga Minggu (6/9/2020) mengakibatkan sejumlah nagari di Kecamatan Sumpur Kudus terdampak bencana.
  • Jumat, 04 September 2020 - 20:09:02 WIB

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Akibat tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, puluhan rumah direndam banjir dengan ketinggian nyaris menenggelamkan rumah warga di kejorongan Irian dan Jorong Teluk Em.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]