Desa Tungkal Selatan Kini Punya Arena Bermain Lho.. Penasaran? Yuk Segera Kunjungi Tempatnya


Senin, 30 Desember 2019 - 19:16:52 WIB
Desa Tungkal Selatan Kini Punya Arena Bermain Lho.. Penasaran? Yuk Segera Kunjungi Tempatnya Setelah selesai dibangun, arena bermain sepeda gantung Desa Tungkal Selatan di Pariaman Utara, Kota Pariaman mulai dimanfaatkan.

KOTA PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Desa Tungkal Selatan di Pariaman Utara, Kota Pariaman, terus menunjukan eksistensinya untuk kemajuan pembangunan. Sejumlah program yang mendukung kemajuan desa terus disiapkan. Pasalnya, keberhasilan desa juga merupakan cerminan keberhasilan kota.

Proses pembangunan sarana dan prasarana objek wisata sepeda gantung di Dusun Hulu Banda, Desa Tungkal Selatan Pariaman.

Terkait program desa wisata, Desa Tungkal Selatan di Pariaman Utara, Kota Pariaman menyikapi dengan baik. Begitupun dengan program pendirian BUMDes di desa, juga disikapi dengan serius melalui program desa.

Kini, realisasi program itu terus muncul. Buktinya, sarana fisik objek wisata berupa lokasi bermain Flying Fox, Sepeda Gantung dan Balon Udara yang dibangun di Desa Tungkal Selatan di Pariaman Utara, Kota Pariaman tersebut kini sudah selesai.

Balon Udara, salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung di objek wisata Desa Tungkal Selatan.

Pembangunan sarana prasarana ini dilakukan sebagai penunjang geliat perekonomian di desa ini. Begitupun dengan BUMDes nya yang sudah terlihat menggeliat.

“Dalam menyusun program pembangunan di desa, kita melihat kepada potensi desa kemudian selaras dengan visi misi dan program Pemko Pariaman, aturan yang mendukungnya, sehingga semua saling dukung dan lancar,” sebut Kepala Desa Tungkal Selatan, Rahayadi Ningrad, Senin (30/12).

Program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh desa, lanjutnya, selalu mengacu kepada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pembangunan objek wisata desa di Dusun Hulu Banda dengan dana desa sebesar lebih kurang Rp400 juta tersebut, kini sudah selesai dikerjakan. “Pembangunannya berlangsung selama satu tahun dengan tiga tahapan selama kurun waktu 2019,” lanjut Rahayadi Ningrad lagi.

Gerbang Desa Wisata Tungkal Selatan yang berdiri megah, punya daya tarik tersendiri menambah asri lokasi lingkungan desa setempat.

Dibangunnya arena bermain dan lokasi wisata ini, lanjut Rahayadi Ningrad, bertujuan untuk menekan pengangguran, menggeliatkan ekonomi masyarakat dan menumbuhkan UKM-UKM baru ditengah masyarakat, termasuk di seputar lokasi wisata desa.

“Pembangunanya sudah selesai semua. Sarana pendukungnya sudah terpasang, sudah bisa dimanfaatkan,” kata Rahayadi Ningrad menjelaskan.

Selain itu, dikatakan Rahayadi Ningrad, juga dilakukan sedikit pembersihan di lokasi objek wisata juga dilakukan sambil jalan. Aksi bersih lokasi ini juga akan berdampak pada kenyamanan pengunjung yang datang.

Sementara, BUMDes sendiri, dikatakan Rahayadi Ningrad, semuanya sudah terbangun. Saat ini hanya tinggal pemaksimalan fungsinya. “Semua tidak bisa mendadak, perlu proses untuk mencapai puncak kejayaanya,” jelas Rahayadi Ningrat.

SALAH satu fondasi tiang flying fox dan sepeda gantung saat pengerjaan.

Pembangunan yang sudah dibangun perlu dukungan masyarakat sehingga pemanfaatanyapun bisa maksimal.

Desa dengan jumlah penduduk 1.400 jiwa atau 400 KK itu, terus melangkah meningkatkan pembangunan menuju desa sejahtera melalui program-program yang diluncurkan untuk melajukan geliat perekonomian masyarakat.

"Pembangunan di desa Tungkal Selatan ini selalu mendapat dukungan dari masyarakat dan lembaga desa, karena azas musyawarah yang selalu dikedepankan,” pungkas Rahayadi Ningrad sembari menyebut bahwa Desa Tungkal Selatan di Pariaman Utara, Kota Pariaman ini sudah disebut sebagai Desa Wisata. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]