Main Mercon dan Kembang Api saat Malam Tahun Baru, Siap-siap Dibui!


Senin, 30 Desember 2019 - 21:11:59 WIB
Main Mercon dan Kembang Api saat Malam Tahun Baru, Siap-siap Dibui! Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengawasan terhadap perayaan Tahun Baru 2020 di Kota Padang diperketat. Bagi Anda yang suka bermain mercon dan kembang api saat Tahun Baru, sekarang harus hati-hati. Kenapa ya?

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu merespon hal tersebut. Kepada harianhaluan.com, Kabid Humas menyebut, akan ada ancaman UU Darurat untuk masyarakat yang nekat menyalakan mercon dan kembang api saat Tahun Baru. 

"Pedagang dan pembakar petasan bisa dijerat UU Darurat, sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara," ujarnya.

‎Dia menjelaskan, para pelaku dijerat dengan pasal tersebut dikarenakan petasan atau mercon tersebut diolah dan berbahan baku bahan peledak, sehingga penggunaannya dapat membahayakan orang lain. 

‎Kemudian, pembakar petasan juga dapat dikenakan sanksi pidana, sesuai dalam Pasal 187 KUHP, yang juga diancam dengan hukuman kurungan 20 tahun penjara dan minimal 15 tahun penjara. 

"Ini sesuai dengan aturan yang sudah ada. Kita bersama dengan Pemprov Sumbar sudah berkomitmen," jelasnya.

Selain itu, Kabid Humas juga sudah menyiapkan sejumlah pos pengamanan dalam Operasi Lilin tahun ini. Fokusnya adalah kawasan yang diprediksi padat saat malam Tahun Baru seperti, kawasan di pinggir pantai dan tempat wisata.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk bersama membantu menjaga keamanan. Dan satu lagi, kita minta masyarakat jangan melakukan sweeping dan razia saat Tahun Baru," tutupnya. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]