RST Dr. Reksodiwiryo Padang, Rumah Sakit Tentara untuk Rakyat


Selasa, 31 Desember 2019 - 02:23:41 WIB
RST Dr. Reksodiwiryo Padang, Rumah Sakit Tentara untuk Rakyat

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tak terasa, perjalanan tahun 2019 berakhir hari ini. Berbagai peristiwa hingga prestasi dilalui seperti halnya di RS Dr. Reksodiwiryo Padang yang tanggal 20 Desember kemarin genap berusia 70 tahun . Rumah Sakit Tentara (RST) Dr. Reksodiwiryo Padang kini semakin maju dan berkembang.

Rumah sakit di bawah naungan TNI tersebut mengutamakan pelayanan yang prima serta menyediakan fasilitas yang lengkap, lingkungan yang asri serta nyaman baik untuk pasien maupun keluarga pasien.

Gerbang RS Reksodiwiryo yang berada di Jalan Dr. Wahidin No.1 Padang.


RST Dr. Reksodiwiryo yang terletak Jalan Dr. Wahidin No.1, Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur kini genap berusia 70 tahun (20 Desember 1949 – 20 Desember 2019).

Didukung 200 kamar, RST yang dikenal rumah sakit Ganting ini terus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, sehingga setiap masyarakat yang berobat dapat merasakan seperti berada di rumah sendiri.

Kepala Rumah Sakit (Ka Rumkit), Letkol Ckm Dr. Syahrial, Sp. B mengatakan, Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo mengakui, bahwa selama 70 tahun banyak perjalanan yang dilalui oleh Rumah Sakit Tentara tersebut. Tak pandang bulu, rumah sakit yang berada dibawah naungan TNI ini tidak hanya melayanai abdi negara, namun juga terbuka untuk umum.

 

Kepala Rumkit Dr. Reksodiwiryo Letkol Ckm. Dr. Syahrial SpB saat wawancara exclusive dengan kru HaluanTV (Haluan Media Group).

"Pelayanan kepada rakyat, maupun TNI sama. Karena selama ini masyarakat beranggapan RST Dr. Reksodiwiryo hanya melayani tentara, itu tidak benar. Tapi rumah sakit itu terbuka untuk umum," kata Dr. Syahrial saat ditemui Haluan diruangan kerjanya, Kamis (19/12/2019).

Selain terbuka untuk umum, kata Dr. Syahrial, RST Dr Reksodiwiryo juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi hal itu didukung dengan menawarkan rawat inap yang berkonsep go green atau ramah lingkungan sehingga lebih terasa berada di rumah sendiri atau guest house.

Kepala Rumah Sakit (Ka Rumkit) Dr. Reksodiwiryo, Letkol Ckm Dr. Syahrial, Sp. B didampingi Dandenkesyah 01.04.04 Padang Letkol Ckm Yurizal, SKM anjang sana ke ruangan pasien RST.

"Yang membuat rumah sakit Dr. Reksodiwiryo berbeda dengan rumah sakit lainnya adalah green hospital karena banyak tanaman tinggi-tinggi. Jadi mereka yang dirawat berasa di rumah sendiri," ulas Dr. Syahrial.

Untuk memberikan kualitas terbaik dalam pelayanan kepada pasien, tambah Dr. Syahrial, RST Dr. Reksodiwiryo didukung dengan fasilitas pelayanan dan peralatan penunjang yang lengkap. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan layanan kesehatan yang prima.

Kepala Rumah Sakit (Ka Rumkit), Letkol Ckm Dr. Syahrial, Sp. B didampingi Waka RST, Mayor Martin menyerahkan bantuan kepada panti asuhan.

Fasilitas pelayanan yang tersedia di RST Dr. Reksodiwiryo yakni, poli penyakit dalam, poli anak, poli syaraf, poli mata, poli paru, poli THT, poli jamtung, poli gigi dan mulut, poli jiwa, poli kulit dan kelamin, poli fisioterapi/rehabilitasi medik, poli kebidanan, poli gizi, hemodialisa.

"Peralatan medis kita adalah hemodialisa yang merupakan terapi cuci darah, bahkan banyak yang cuci darah di sini. Kemudian, operasi phaco yaitu operasi mata yang tidak perlu dijahit lagi. Kita juga menyediakan trauma center, CT Scan 124 slice," sebut Dr. Syahrial.

Gedung dan lingkungan Rumah Sakit Reksodiwiryo tampak asri dan bernuansa hijau.

Tak hanya itu, RST Dr. Reksodiwiryo juga tersedia, instalansi penunjang diagnostik (radiologi dan laboratorium), instalasi farmasi, instalasi rawat inap, instalasi pwnunjang perawatan (dapur, laundry, kamar jenazah), instalasi pwnunjang umum (IPAL, masjid dan mushalla, kantin, taman, pojok ASI, ATM center, parkir), serta pelayanan unggulan (IGD, bedah, kebidanan/obsgyn).

"Tenaga spesialis kita juga cukup lengkap, sebanyak 54 dokter spesialis mulai dari empat (4) dasar bedahan anak (Obstetri dan Ginekologi (Obgin), kebidanan, dan sub spealisasi), ginjal, hipertensi, onkologi, dan lain sebagainya," ulas Dr. Syahrial. (h/*)

Reporter : Milna /  Editor : DavidR

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]