Ini Peristiwa Besar yang Terjadi Selama Tahun 2019


Selasa, 31 Desember 2019 - 13:44:06 WIB
Ini Peristiwa Besar yang Terjadi Selama Tahun 2019 Foto seorang siswa SMK yang menghindari asap saat demo mahasiswa ini menjadi foto terbaik sepanjang 2019.

HARIANHALUAN.COM -- Tahun 2019 dalam hitungan hari. Namun, beragam permasalahan yang terjadi di sepanjang tahun ini memang masih membekas dan selalu teringat. Apalagi, tahun 2019 identik dengan musim Pilkada serta banyaknya permasalahan hukum yang terjadi. Belum lagi berita duka tentang orang terkenal. 

Berikut ini sejumlah peristiwa terbesar di Indonesia yang berhasil dirangkum oleh harianhaluan.com:
1. Pemilu 2019

Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019 dilaksanakan pada 17 April 2019, merupakan proses demokrasi untuk memilih Capres dan Cawapres RI periode 2019-2024. Hasil dari pemilihan umum pilpres 2019 dimenangkan oleh pasangan nomor urut 1 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dengan perolehan suara 55,50% dari total suara sah 154.257.601 suara.

Sementara paslon nomor urut 02 diraih oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 68.650.239 suara sah atau 44,50% dari hasil suara sah. Hasil perhitungan ini berdasarkan rekapitulasi nasional penghitungan suara Pemilu 2019 di Jakarta dan secara resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum RI pada Selasa, 21 Mei 2019 dini hari.

Hasil pengumuman Pilpres ini tidak diterima oleh Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi karena dianggap penuh ketidakadilan, kecurangan dan kesewang-wenangan. Untuk itu, BPN Prabowo-Sandi mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

2. Aksi Demo 22-23 Mei 2019
Aksi massa yang dilakukan setelah pemilu 2019 tercatat tanggal 22-23 Mei 2019, salah satu peristiwa memilukan yang ikut mencoreng nama demokrasi Indonesia. Sejumlah massa pendukung paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi melancarkan aksi unjuk rasa di sekitar Gedung Bawaslu yang berujung kericuhan.

Penyebab kericuhan diduga terdapat oknum sebagai penumpang gelap demokrasi. Sinyal demokrasi akan berujung ricuh telah terendus sejak siang hari sekira pukul 14.00 WIB. Pengunjuk massa menyatakan dirinya siap mati berjihad untuk memenangkan paslon 02 dalam Pilpres 2019.

3. Aksi Demo Tolak UU KPK dan RKUHP
Ribuan aksi mahasiswa yang turun ke jalan dari berbagai kampus melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 23 September Mahasiswa menyuarakan penolakan Revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) dan Revisi Undang-undang KUHP (RUU KUHP). 

Dalam aksi tersebut, mahasiswa menilai DPR telah mencederai amanat dari reformasi. Aksi demo mahasiswa berlangsung hingga Rabu, 25 September 2019 dini hari, setidaknya 232 orang menjadi korban dari aksi demonstran yang terjadi di berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Bandung, Sumatera Selatan hingga Sulawesi Selatan.

4. Pelantikan Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin
Acara pelantikan kedua Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden ke-7 Indonesia digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019 sekira pukul 10.00 WIB. Namun, diundur menjadi pukul 16.00 WIB. Dengan alasan hari Minggu sebagian besar umat beragama melangsungkan ibadah dan lainnya menikmati hari libur.

Sebelum pelantikan, Jokowi dan Ma'ruf Amin membacakan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden priode 2019-2024. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, ememgang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," tutur Jokowi.

5. Penusukan Wiranto
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) Wiranto ditusuk dengan senjata tajam oleh pria di kawasan Pandeglang, Banten. Peristiwa ini menyebabkan Wiranto mengalami luka tusuk di tubuh bagian depan.

Penusukan dilakukan pada Kamis, 10 Oktober 2019 di Alun-alun Menes, kawasan Pandeglang, Banten sekira pukul 11.50 WIB. Pelaku penusukan Wiranto berjumlah dua orang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Menurut informasi yang didapat pelaku penyerangan Menko Polhukam Wiranto diduga terpapar jaringan ISIS.

6. Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)
Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sering terjadi di Indonesia. Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sejak Januari hingga Agustus 2019 luasnya kawasan hutan dan lahan yang terbakar sekitar 328.724 hektare.

Menurut data BNBP, dari 328.724 hektare luasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019 ini, 99% disebabkan karena ulah manusia. Sementara dari keseluruhan luasnya karhutla yang terbakar mencapai 80% di antaranya telah menjadi kebun. Kasus karhutla yang terjadi juga mengakibatkan kota Pekanbaru, Riau dikepung kabut asap pekat, Jumat 13 September 2019 lalu.

7. Kecelakaan Tol Cipali
Kasus kecelakaan maut yang menimpa dua bus terjadi sekira pukul 00.00 WIB, Kamis 14 November 2019 di kawasan Tol Cipali, Kilometer 117. Kecelakaan ini terjadi disebabkan oleh sopir bus yang diduga mengantuk. Sebelumnya, Bus Sinar Jaya yang melaju dari arah Jakarta menuju Palimanan. Tiba di lokasi kejadian, Bus Sinar Jaya Oleng lalu menyeberang ke jalur yang berlawanan. Akibat tabrakan dua bus ini, sebanyak 7 penumpang meninggal dunia dan 26 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

8. Peristiwa Ledakan Bom Bunuh Diri Medan
Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, di Jalan HM Said, Kota Medan, Sumatera Utara. Ledakan ini terjadi pada Rabu, 13 November 2019 pukul 08.45 WIB. Aksi peledakan bom Medan dilakukan oleh dua orang yang menggunakan atribut ojek online. Ledakan tersebut berasal dari kantin dan di halaman parkir. Sumber ledakan juga terdengar sampai ke pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Akibat ledakan tersebut, sebanyak 6 orang terluka, korban yang terdiri dari 5 anggota polisi dan 1 warga sipil. Sementara pelaku bom bunuh diri tewas di tempat usai melakukan serangan bom.

9. Pengumuman Menteri dan Wakil Menteri 2019
Presiden Joko Widodo mengumumkan 12 orang sebagai wakil menteri yang akan membantu Kabinet Indonesia Maju. Jokowi memperkenalkan 12 wakil menteri di Istana Kepesidenan pada Jumat, 25 Oktober 2019. Sebelum pengumuman dilakukan, Jokowi terlebih dahulu mengundang mereka ke istana pada Jumat pagi. Jokowi mengenalkan para wakil menteri dengan cara duduk lesehan di tangga Istana Merdeka.

10. Kasus Kekerasan Anak di Tahun 2019
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sebanyak 24 kasus kekerasan yang terjadi pada anak sepanjang tahun 2019. Dari kasus yang tercatat, salah satunya sempat viral di media sosial, yakni kasus Santri yang meninggal dikeroyok oleh 19 rekan. Pengeroyokan santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Padang Panjang, Sumatera Barat berinisial RA meninggal dunia. 

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 16 Februari 2019 diduga akibat dikeroyok oleh 19 rekannya. Dalam kasus tersebut polisi telah menetapkan 17 santri sebagai tersangka dan semuanya berstatus di bawah umur.

11. Berawal dari Twitter, KKN di Desa Penari menjadi viral bahkan akan diangkat ke layar lebar.
Cerita tentang KKN Di Desa Penari bermula dari cuitan akun twitter @SimpleM8137852. Thread-nya tentang kisah horor di sebuah desa yang  dikisahkan dengan dua perspektif cerita yaitu sudut pandang Widya dan Nur. Bahkan saking hebohnya, kisah ini akan difilmkan pada tahun depan.

12. BJ Habibie Meninggal
Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia pada 11 September 2019 karena gagal jantung. Usia dikatakan oleh sang putra, Thareq Khemal Habibie, sebagai faktor yang menjadi penyebabnya.

"Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan, bahwa gagal jantung, yang mengakibatkan, karena penuaaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi. Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," kata Thareq.

Selain 12 kejadian diatas, ada lagi beberapa berita viral dari dunia entertain yang selalu teringat, mulai dari mualafnya Deddy Corbuzier, kemudian Ruben Onsu yang mengangkat seorang anak kampung menjadi anak, hingga berita penangkapan narkoba sejumlah artis seperti Nunung dan sebagainya. Teranyar, adalah postingan Agnez Mo yang disebut tidak orang Indonesia. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]