Momentum HUT ke-45 PDAM Padang

Wow! Padang Sudah Punya Kawasan Air Siap Minum


Selasa, 31 Desember 2019 - 17:28:10 WIB
Wow! Padang Sudah Punya Kawasan Air Siap Minum Air siap minum yang disediakan PDAM Padang sudah ada di Komplek Jala Utama 1

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Memasuki usia ke-45 tahun, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang membuat sebuah terobosan dengan menyalurkan air siap minum. Terobosan itu menjadi menjadi bukti PDAM Padang mampu menjawab tantangan.

Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 45, PDAM Padang meresmikan jaringan air minum yang dialirkan untuk 200 unit rumah di Komplek Jala Utama 1 Balai Gadang, Senin (30/12).

Peresmian tersebut diawali dengan upacara bendera di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Taban, Balai Gadang, Koto Tangah. Dilanjutkan dengan pelepasan balon dan pengguntingan pita oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi mengatakan, secara bertahap tantangan untuk menyediakan air bersih dan air siap minum sudah mampu dijawab PDAM Kota Padang. Ke depan progres jangkauan pelayanan harus diperluas untuk memberikan kepuasan masyarakat. Ini juga guna mewujudkan Kota Padang sebagai kota Internasional.

“Perluasan jangkauan pelayanan PDAM untuk air siap minum ke depan harus diperluas. Untuk itu diperlukan jaringan baru yang layak pengganti jaringan lama yang sudah berusia tua dan tidak layak dan banyak terjadi kebocoran,” kata Mahyeldi

Menurutnya, pembaruan jaringan pipa PDAM Kota Padang yang mencapai panjang 2200 KM membutuhkan biaya Rp1 triliun. Untuk anggaran sebesar itu dibutuhkan dukungan investasi.

“Kita butuh dukungan investasi untuk pembaruan jaringan. Investasi itu bisa melalui kemitraan perbankan dan kerjasama,” ujar Mahyeldi.

Selain itu, lanjut Mahyeldi, dengan mengalirnya air siap minum ke perumahan dan perkantoran nantinya akan berdampak terhadap pengurangan sampah botol plastik.

“Nantinya bila sudah efektif aliran siap minum ke semua kawasan, praktis akan mengurangi penggunaan botol plastik,” imbuhnya.

Direktur Utama PDAM Padang, Hendra Pebrizal menyebut, pelayanan air siap minum sudah dilaunching di beberapa tempat. Pertama di RSUP M. Djamil, RSUD Dr. Rasyidin dan Balaikota Padang serta hari ini di Komplek Jala Utama.

“Ini pelayanan pertama untuk air siap minum di perumahan. Ke depan akan dipersiapkan jaringan untuk melayani lebih luas lagi,” ujarnya.

Tahun ini, kata Hendra Pebrizal, PDAM membangun pengolahan air siap minum dengan kapasitas 100 liter per detik. “Dengan demikian kita akan bisa melayani 10 ribu pelanggan. Beberapa komplek lagi setelah Komplek Jala Utama ini akan bisa dialiri,” sebutnya.

Pada acara peringatan HUT ke-45 PDAM Padang ini dihadiri Sekda Kota Padang Amasrul yang juga merangkap Dewan Pengawas dan anggota DPRD Helmi Moesim serta, sejumlah pejabat struktural Pemko Padang, rekanan dan seluruh jajaran karyawan PDAM. (*)

loading...
 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:14:55 WIB

    Wow! Hingga Juni 2020, Mandiri Syariah Cetak Laba Rp719 Miliar

    Wow! Hingga Juni 2020, Mandiri Syariah Cetak Laba Rp719 Miliar HARIANHALUAN.COM – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berhasil mencatatkan kinerja yang solid dan pertumbuhan positif selama semester I 2020 (audited). Mandiri Syariah berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp719 mi.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 17:19:18 WIB

    Wow! Saat Lockdown, Kekayaan Bos Facebook dan CEO Tesla Naik 50 Persen

    Wow! Saat Lockdown, Kekayaan Bos Facebook dan CEO Tesla Naik 50 Persen HARIANHALUAN.COM -- Selama lockdown yang dilakukan di berbagai negara demi menekan pandemi COVID-19 justru medongkrak isi pundi-pundi orang tajir dunia. Sejumlah miliarder mencatatkan kenaikan kekayaan hingga US$ 434 miliar s.
  • Senin, 27 April 2020 - 21:52:25 WIB

    Wow! Lockdown akan Dibuka, Poundsterling Tembus Rp19.000

    Wow! Lockdown akan Dibuka, Poundsterling Tembus Rp19.000 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Nilai tukar poundtserling menguat rupiah pada perdagangan Senin (27/4/2020) setelah pemerintah Inggris dikabarkan akan membuka karantina wilayah (lockdown) dalam waktu dekat..
  • Selasa, 21 April 2020 - 15:16:12 WIB

    Wow! Bansos untuk Korban Corona Bakal Mengalir Sampai 2022

    Wow! Bansos untuk Korban Corona Bakal Mengalir Sampai 2022 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan menyebut akan tetap mengalokasikan dana penanggulangan virus Corona (COVID-19) sampai tahun 2022. Bahkan pada rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) tahun 202.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]