Sultan Brunei Sindir Pedas Presiden Jokowi, Benarkah?


Selasa, 31 Desember 2019 - 18:03:45 WIB
Sultan Brunei Sindir Pedas Presiden Jokowi, Benarkah? Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar video di media sosial yang menyebut Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah memberikan sindiran pedas kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook Alfazy Khan Alfazy.

Video tersebut berjudul “Sindiran Pedas Sultan Brunei Darussalam kepada Presiden Jokowi” yang berasal dari Youtube.

Ini merupakan cuplikan yang berisi potongan rekaman pidato Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah yang berasal dari kanal YouTube Abang AgunqS.

Alfazy Khan Alfazy mengirimkan tautan video YouTube tersebut ke grup Facebook bernama "Grup Fans Ust Abdul Somad Lc, MA". Ia tidak menambahkan narasi apapun di sana.

Unggahan akun Facebook Alfazy Khan Alfazy ini sudah dibagikan 492 kali saat tangkapan layar diambil.

Benarkah Sultan Brunei Darussalam memberikan sindiran pedas kepada Jokowi?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, video tersebut sebenarnya bukan berisi sindiran Sultan Brunei Darussalam kepada Presiden Jokowi.

Ini merupakan pidato Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah dari video yang sudah dipotong dan dibubuhi dengan judul serta keterangan yang keliru.

Faktanya, pidato Sultan Brunei Darussalam itu ditujukan kepada para menteri di Brunei.

Video pidato Sultan Brunei Darussalam yang lebih lengkap telah diunggah oleh RTB News pada 7 Februari 2018. RTB News merupakan kanal berita milik stasiun televisi di Brunei.

Video berdurasi sekitar 43 menit tersebut diberi judul “Berita Perdana 07 Februari 2018”.  Cuplikan yang dibagikan oleh kanal Abang AgunqS terdapat pada menit 15:50 hingga menit 16:52.

Namun, cuplikan yang diunggah oleh kanal Abang AgunqS tidak memuat secara utuh pidato Sultan Brunei.

Koran lokal Brunei Darussalam, Pelita Brunei juga memberitakan pidato Sultan Brunei yang dipublikasikan pada 10 Februari 2018. Dalam berita itu dijelaskan bahwa pidato Sultan Brunei disampaikan dalam Persidangan Khas Menteri-menteri Kabinet yang berlangsung di Istana Nurul Iman, pada 7 Februari 2018.

Kesimpulan

Video yang diunggah dalam kanal YouTube Abang AgunqS kemudian disebarkan oleh akun Facebook Alfazy Khan Alfazy masuk dalam kategori konten yang salah.

Sumber yang sebenarnya menyebutkan bahwa pidato Sultan Brunei Darussalam ditujukan kepada menteri-menterinya bukan sindiran untuk Presiden Jokowi. Jadi, tidak ada hubungan antara judul video dengan konten video.(*)

loading...
 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Juli 2020 - 23:07:35 WIB

    Ngeri, Konsultan WHO asal China Bersaksi COVID-19 Hasil Persekongkolan Jahat!

    Ngeri, Konsultan WHO asal China Bersaksi COVID-19 Hasil Persekongkolan Jahat! HARIANHALUAN.COM - Hingga saat ini virus corona masih menjadi misteri, pasalnya kabar apakah virus itu dibentuk dari alam atau buatan manusia hingga kini belum terjawab. Namun banyak sebagian ahli berpendapat bahwa virus ini .
  • Selasa, 10 Maret 2015 - 19:23:25 WIB

    Konsultan Pajak Liar Bertebaran

    JUMLAHNYA RATUSAN RIBU

    PADANG, HALUAN — Me­ning­katnya jumlah wajib pajak di tanah air membuat praktik konsultan pajak liar juga menjamur. Jum­lahnya diperkirakan mencapai rat.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]