Siapa Saja Pemegang Saham Klub Sepak Bola Eropa?


Selasa, 31 Desember 2019 - 19:27:29 WIB
Siapa Saja Pemegang Saham Klub Sepak Bola Eropa? Pertemuan antara Barcelona vs AS Roma

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pembicaraan pembelian klub sepak bola asal Italia AS Roma oleh grup miliarder Amerika Serikat, Daniel Friedkin makin mencuat. 

Dikutip dari Reuters, Selasa (31/12/2019), The Financial Times melaporkan kesepakatan AS Roma bakal mencapai 750 juta euro (US$840 juta), termasuk pinjaman. Kendati demikian, AS Roma mengatakan kesepakatan resmi belum diteken.

Sebagai informasi, saham AS Roma telah terdaftar pada pasar saham Milan. Sejak saat itu AS Roma dikontrol oleh investor Amerika yang dikepalai oleh James Pallotta.

Sejumlah klub sepak bola telah dikuasai oleh korporasi besar. Berikut adalah beberapa klub Eropa dan jajaran pemiliknya.

1. JUVENTUS :
Melantai di pasar saham di Milan, keluarga Agnelli yang mendirikan grup motor Fiat tetap menjadi pemegang saham pengendali di Juve, juara Italia selama delapan musim terakhir.

2. INTER MILAN
Peritel elektronik asal China, Suning Commerce Group Co. Ltd. membeli hampir 70% saham Inter Milan dengan harga 270 juta euro (US$307 juta) pada 2016. 

3. AC MILAN:
Badan hukum hedge fund A. Elliott Management pada tahun lalu mengambil kendali AC Milan dan menyuntikkan 50 juta euro untuk membantu menstabilkan keuangan mantan juara Eropa. Salah satu pemilik sebelumnya termasuk mantan perdana menteri Silvio Berlusconi.

4. MANCHESTER CITY:
Bagian dari City Football Group (CFG), mayoritas dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan dan investor China yang dipimpin oleh kelompok media dan hiburan CMC Inc. memegang sekitar 12% dan perusahaan investasi swasta dari Amerika Serikat, Silver Lake hanya lebih dari 10%.

Abu Dhabi United Group, kendaraan investasi yang dimiliki oleh Sheikh Mansour, mempertahankan kepemilikan mayoritas setelah Silver Lake setuju pada November untuk membayar US$500 juta untuk sahamnya. Dengan demikian, CFG menjadi grup sepak bola paling tinggi valuasinya di dunia dengan banderol dengan harga US$4,8 miliar.

Investasi grup juga mencakup New York City, yang bermain di Major League Soccer, dan Melbourne City, serta saham di Yokohama Marinos Jepang, Club Atletico Torque Uruguay, Girona Spanyol, Sichuan Jiuniu dari China dan Mumbai City.

5. MANCHESTER UNITED
Dibeli oleh keluarga Glazer Amerika senilai 790 juta pound (US$1 miliar) pada 2005. Terdaftar di New York Stock Exchange sejak 2012 dengan kepemilikan mayoritas dari juara Inggris 20 kali ini masih di tangan keluarga Glazer. MU mencatatkan nilai pasar saat ini sekitar US$3,25 miliar.

6. LIVERPOOL:
Juara Eropa dan pemimpin Liga Premier ini telah dimiliki sejak 2010 oleh Fenway Sports Group setelah kesepakatan 300 juta pound diketok. Fenway juga memiliki tim Bisbol Liga Utama Boston Red Sox.

7. ARSENAL:
Miliarder Amerika dan pengusaha olahraga Stan Kroenke membuat kesepakatan untuk mengambil kendali penuh atas Arsenal pada 2018 dengan membeli saingannya dari Rusia Alisher Usmanov. Kesepakatan tersebut menghargai klub Liga Premier Inggris sekitar US$2,3 miliar.

8. CHELSEA:
Miliarder Rusia Roman Abramovich membeli klub London itu dengan harga 140 juta pound pada 2003 dan sejak itu mereka menjadi kekuatan utama dalam pertandingan Eropa.

9. BAYERN MUNICH:
Juara Jerman ini sebesar 75% dimiliki oleh penggemar mereka. Selain itu, merek pakaian olah raga Adidas, produsen mobil Audi dan perusahaan asuransi Allianz memiliki saham masing-masing 8,33%.

10. REAL MADRID dan BARCELONA
Kedua klub Spanyol dimiliki oleh penggemar mereka melalui skema keanggotaan. Klub ini menjadi yang tertinggi pendapatannya di antara klub sepak bola berkat daya tarik komersial mereka.

11. PARIS ST GERMAIN
Dimiliki oleh Qatar Sports Investments, perusahaan yang didirikan oleh putra pangeran dan pewaris tahta Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani. Dia membeli 70% saham PSG pada 2011.

Adapun 30% sisanya dibeli dari Colony Capital pada tahun berikutnya, dengan harga sebesar 100 juta euro (US$110 juta). (h/k24)

loading...
 Sumber : kabar24 /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 September 2020 - 10:32:57 WIB

    Real Madrid Akan Lepas Tiga Pemain, Siapa Saja?

    Real Madrid Akan Lepas Tiga Pemain, Siapa Saja? HARIANHALUAN.COM - Real Madrid tercatat belum mendatangkan satu pemainpun sejak jendela transfer musim panas 2020 dibuka. Malahan tim tersebut justru seperti cuci gudang karena beberapa pemain mereka kini justru dilepas ke ti.
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 09:48:07 WIB

    Juventus Segera Rampungkan Transfer The New Varane, Siapa Dia?

    Juventus Segera Rampungkan Transfer The New Varane, Siapa Dia? HARIANHALUAN.COM - Raksasa Serie A, Juventus dikabarkan bakal segera merampungkan proses perekrutan bek belia dari klub Prancis, Amiens SC bernama Felix Nzouango. Nzouango yang kini masih berusia 17 tahun belum menjalani debu.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 09:15:42 WIB

    Siapa yang Lebih Berharga, Rashford atau Mbappe?

    Siapa yang Lebih Berharga, Rashford atau Mbappe? HARIANHALUAN.COM - Yang satu berusia 21 tahun, yang lain 22 tahun, masih muda, tapi punya segalanya untuk jadi bagian pesepak bola terbaik di dunia. Ya, mereka adalah Kylian Mbappe dan Marcus Rashford. Dua bintang muda ini me.
  • Senin, 08 Juni 2020 - 12:33:23 WIB

    Ilkay Gundogan Puji Bek Ini dan Dinilai Pantas Memperkuat Man City, Siapa Dia?

    Ilkay Gundogan Puji Bek Ini dan Dinilai Pantas Memperkuat Man City, Siapa Dia? HARIANHALUAN.COM - Ilkay Guendogan memuji tinggi kualitas bek Leicester City Caglar Soyuncu, yang dianggap cuma kalah oke dari Virgil van Dijk musim ini. Soyuncu dinilai pantas memperkuat Manchester City..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 20:52:02 WIB

    Neymar Punya Kembaran di Premier League, Siapa Ya?

    Neymar Punya Kembaran di Premier League, Siapa Ya? HARIANHALUAN.COM -- Neymar dikenal sebagai salah satu pemain dengan keterampilan olah bola terbaik. Dia doyan menari di lapangan, membawa bola melewati celah-celah kaki pemain lawan yang kebingungan. Kemampuan itulah yang mem.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]