Wamen PUPR Sebut Penanganan Banjir Solsel dan Agam Jadi Komitmen Bersama


Kamis, 02 Januari 2020 - 20:22:39 WIB
Wamen PUPR Sebut Penanganan Banjir Solsel dan Agam Jadi Komitmen Bersama Tinjauan Wamen PUPR Wempi pasca banjir di Solsel, Kamis (2/1). Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan penanganan banjir di Solsel dan Agam sudah menjadi komitmen bersama untuk membangun Negeri. Hal ini disampaikan saat meninjau sejumlah titik yang terdampak banjir di Solsel, Kamis (2/1).

"Nah, pasca musibah banjir Solsel dan Agam. Akhir bulan Desember 2019, Bupati Solsel dan Bupati Agam bersama Gubernur Sumbar menemui saya langsung. Selisih dua hari setelah pertemuan itu, saya langsung datang ke sini," kata Wempi.

Setelah melihat kondisi disini, imbuhnya memang harus di progres. "Tujuan kami memang bagaimana bisa membantu masyarakat yang terdampak banjir. Padahal, sekrang kondisi di Jakarta banjir. Saya sudah sampaikan ke Pak Menteri PUPR bahwa kalau di Jakarta banyak yang ngurus dan komitmen saya ke Solsel terpenuhi," lanjutnya.

Menurutnya, terkait pemulihan pasca bencana banjir Solsel telah dilakukan rapat awal, dan data awal juga sudah disampaikan Bupati Solsel Muzni Zakaria bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. "Sehingga, kehadiran kami bagaimana progres dan tindak lanjutnya yang akan kita kerjakan," sebutnya.

Akan tetapi, lanjutnya ada sedikit perubahan dari data awal yang disampaikan Bupati Solsel. "Awalnya relokasi untuk warga terdampak banjir di Pakan Rabaa Timur di lokasi lapangan bola namun, karena luas tidak memadai diganti dengan lahan seluas 5 ha dan sudah dihibahkan pihak Nagari/desa," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya yakin jika pihak Balai Wilayah sudah siap dengan semua data. "Kami yang akan monitor, apakah pihak Balai akan kerja cepat atau tidak. Jadi pada prinsipnya demi untuk Indonesia Raya. Kita siap mendukung apa yang telah disampaikan Bupati dan Gubernur," ujarnya.

Kemudian, imbuhnya untuk percepatan usulan yang disampaikan Bupati dan Gubernur, pihaknya menunggu data lengkap. "Jadi perlu kerjasama untuk percepatan data ini sehingga bisa di progres," sambungnya.

Bupati Solsel Muzni Zakaria, mengatakan akan menyiapkan data lengkap selambat-lambatnya Senin (6/1) sudah berada di meja Wamen.

"Kami akan mendata lagi mana yang sanggup dikerjakan kabupaten dan yang tidak baru diajukan ke Kementerian," katanya.

Muzni berharap dinas terkait bergerak cepat dalam menghimpun data dan harus siap dalam hitungan hari.

Untuk saat ini, baru data korban banjir di Pakan Rabaa Timur yang sudah lengkap dan Wali Nagarinya juga sudah menyediakan lahan relokasi.

Untuk di Talantam Sangir Batang Hari, imbuhnya, tergantung kesiapan Wali Nagarinya dan Pemerintah Daerah siap memfasilitasinya. "Saya bersama Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda jamin kalau relokasi ke Padang Aro karena sudah ada lokasinya," ujarnya.

Dalam laporan terakhir, akibat bencana banjir bandang di Solsel, total kerugian mencapai Rp 61,7 Miliar. Terdiri dari Kerugian akibat kerusakan 22 saluran irigasi, kerusakan pada 23 sungai, kerusakan 16 jalan dan 8 unit jembatan, kerusakan rumah masyarakat. Rusak berat 47 unit, rusak sedang 9, rusak ringan 44, dan terendam 1.931. Kerusakan pada lahan pertanian, 89 Ha sawah, 4 Ha jagung, dan 1,75 Ha cabai dan kerusakan lainnya.(h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 18:43:30 WIB

    Wamen PUPR Resmikan Pengoperasian Pasa Ateh Bukittinggi

    Wamen PUPR Resmikan Pengoperasian Pasa Ateh Bukittinggi HARIANHALUAN.COM - Pasca dilanda kebakaran hebat pada tahun 2017 silam, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Wetipo meresmikan Pembangunan Pasa Ateh Kota Bukittinggi, Kamis (18/6/2020). Pada peresmian.
  • Senin, 18 November 2019 - 19:31:10 WIB

    Ketum DPP IKPS Alirman Sori Serahkan Bantuan Korban Kerusuhan Wamena

    Ketum DPP IKPS Alirman Sori Serahkan Bantuan Korban Kerusuhan Wamena PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan keluarga Pesisir Selatan (IKPS), Alirman Sori menyerahkan bantuan sebesar Rp85 juta kepada masyarakat Pessel yang menjadi korban kerusuhan Wamena.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:11:29 WIB

    Pemkab Pessel Fasilitasi Pendidikan Delapan Pelajar Korban Kerusuhan Wamena

    Pemkab Pessel Fasilitasi Pendidikan Delapan Pelajar Korban Kerusuhan Wamena PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah mengakomodir sebanyak delapan pelajar korban kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua beberapa waktu lalu..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 14:57:19 WIB

    Raudhatul Jannah Serahkan Bantuan untuk Wamena

    Raudhatul Jannah Serahkan Bantuan untuk Wamena PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI RJ) Kota Payakumbuh, diwakili Sekretarisnya Akmal, menyerahkan bantuan kepada Pemko Payakumbuh, sebesar Rp14,4 juta untuk diserah.
  • Ahad, 13 Oktober 2019 - 15:01:35 WIB

    DPD RI Bantu Perantau Sumbar Korban Wamena Rp850 Juta

    DPD RI Bantu Perantau Sumbar Korban Wamena Rp850 Juta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memberikan bantuan untuk perantau Sumatera Barat yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Jayawijaya sebesar Rp 850 juta. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]