Banjir Jabodetabek, BNPB: 30 Korban Meninggal, Terbanyak di Kab. Bogor 


Kamis, 02 Januari 2020 - 23:54:34 WIB
Banjir Jabodetabek, BNPB: 30 Korban Meninggal, Terbanyak di Kab. Bogor  Banjir yang menggenangi salah satu ruas jalan di Jakarta, Rabu (1/1/2020). (Foto: ANTARA)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Hingga  pukul 21.00 WIB  Kamis (2/1/2020) malam, jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir di wilayah Jabodetabek berjumlah 30 orang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat data itu dikumpulkan oleh BNPB dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BPBD, TNI, Polri, dan sumber lainnya.

“Korban meninggal dunia terbanyak di Kabupaten Bogor yakni 11 orang, kemudian Jakarta Timur tujuh orang, Kota Bekasi, dan Kota Depok masing-masing tiga orang,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNBP, Agus Wibowo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (2/1/2020) malam.

Selain itu, pihaknya juga mencatat di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, dan Kota Tangerang masing-masing satu korban jiwa. Terkait penyebabnya, 17 orang meninggal dunia karena terseret arus banjir; lima tertimbun longsor; lima orang tersengat listrik, dan; tiga orang mengalami hipotermia.

Agus menuturkan, sebagai tindak lanjut rapat koordinasi penanganan bencana banjir Jabodetabek, semua pihak terkait harus berkoordinasi dan saling bersinergi. Hal itu ditujukan agar memudahkan sinkronisasi dan validasi data korban bencana hidrometeorologi itu.

BMKG telah menyatakan, hujan deras masih akan berlangsung hingga 10 Januari 2020. Untuk menghindari bertambahnya korban jiwa, BNPB mengimbau agar warga yang rumahnya masih terendam cukup dalam dan masih bertahan di rumah, agar segera mengevakuasi diri ke tempat lebih aman. 

“Utamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu dibanding harta,” ujar Agus.

Secara umum, banjir yang melanda wilayah Jabodetabek dipicu oleh cuaca ekstrem hujan deras sejak Selasa (31/12/2019) petang. Menurut data yang dihimpun BNPB per 1 Januari 2020, lebih dari 31.000 orang mengungsi dari rumahnya.(ins)

loading...
 Sumber : iNews.id /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:31:36 WIB

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang menguyur pada beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatab (Pessel) dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di daerah tersebut, Rabu (23/9)..
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:24:09 WIB

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel HARIANHALUAN.COM - Selain Kota Padang, banjir juga melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Hingga kini, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tengah berjibaku untuk melakukan antisipa.
  • Ahad, 06 September 2020 - 19:37:33 WIB

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang melanda hampir di seluruh kawasan wilayah Kabupaten Sijunjung sejak Jumat (4/6/2020) malam hingga Minggu (6/9/2020) mengakibatkan sejumlah nagari di Kecamatan Sumpur Kudus terdampak bencana.
  • Jumat, 04 September 2020 - 20:09:02 WIB

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Akibat tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, puluhan rumah direndam banjir dengan ketinggian nyaris menenggelamkan rumah warga di kejorongan Irian dan Jorong Teluk Em.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 21:02:02 WIB

    Banjir Sorotan, Penggunaan Heli BNPB untuk Kepentingan Partai di Riau

    Banjir Sorotan, Penggunaan Heli BNPB untuk Kepentingan Partai di Riau HARIANHALUAN.COM-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak menjelaskan secara rinci heli yang digunakan untuk kepentingan di luar penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]