Cara Siasati Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan yang Bikin Tekor


Jumat, 03 Januari 2020 - 08:28:26 WIB
Cara Siasati Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan yang Bikin Tekor Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS Kesehatan secara resmi mengalami kenaikan pada tahun ini. Kenaikan itu terjadi pada seluruh golongan peserta.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.

Dalam beleid tersebut ditetapkan pemberlakuan tarif baru mulai 1 Januari 2019. Penerima Bantuan Iuran (PBI) iurannya naik dari Rp 23.000 menjadi Rp 42.000 per jiwa per bulan. Besaran iuran ini juga berlaku bagi peserta yang didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD).

Iuran PBI dibayar penuh oleh APBN. Sedangkan, peserta didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD) dibayar penuh oleh APBD.

Bagaimana cara siasatinya supaya tidak tekor?

Bagi peserta yang keberatan dengan kenaikan iuran ini masih ada cara untuk menyiasatinya, yaitu dengan turun kelas kepesertaan. Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, penurunan kelas bisa dilakukan dari 9 Desember 2019 sampai 30 April 2020. Penurunan kelas bisa dilakukan tanpa syarat minimal kepesertaan minimal 1 tahun dan tanpa persyaratan khusus lainnya.

"Penurunan kelas gini, memang bisa dilakukan dengan sekarang dari 9 Desember 2019 sampai 30 April 2020 kalau mau turun kelas, tanpa syarat minimal 1 tahun, tanpa persyaratan khusus, meskipun dalam kondisi nonaktif aktif dia menunggak dia masih bisa menurunkan kelasnya," katanya kepada detikcom, Kamis (2/1/2020).

Iqbal mengatakan, untuk pindah kelas bisa dilakukan melalui Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400, Mobile Customer Service atau ke kantor cabang.

Lanjutnya, turun kelas melalui layanan kantor cabang cukup membawa sejumlah dokumen seperti KK dan KTP. Dia menuturkan, layanan pindah kelas lebih mudah melalui Mobile JKN.

"Kalau kantor cabang ada bawa KK, KTP sama nomor rekening yang dibutuhkan. Kalau pakai Mobile JKN lebih mudah di situ dengan mengikuti langkahnya aja," ujarnya.

Iqbal menambahkan, persyaratan untuk turun kelas dengan masa kepesertaan minimal satu tahun akan berlaku pada 30 April 2020.

"Balik ke normal, dia bisa mengubah tapi nggak semudah yang sekarang. Kalau ini kan diskresi, kepesertaannya nggak harus setahun ini. Ini berlaku untuk yang terdaftar sebelum 1 Januari 2020. Kalau sekarang daftar bisa milih langsung," terangnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:58:12 WIB

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan..
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 09:44:09 WIB

    Komorbid Rentan Terpapar COVID-19, Begini Cara 'Bertahan' Lawan Corona

    Komorbid Rentan Terpapar COVID-19, Begini Cara 'Bertahan' Lawan Corona HARIANHALUAN.COM - Saat pandemi COVID-19, pasien komorbid atau penyakit penyerta lebih rawan terpapar. Pemerintah menyampaikan kasus kematian paling banyak saat pandemi COVID-19 karena disertai penyakit penyerta seperti diabe.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:29:10 WIB

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa d.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:44:12 WIB

    Ilmuwan Berhasil Ungkap Cara Sperma Berenang Menuju ke Sel Telur

    Ilmuwan Berhasil Ungkap Cara Sperma Berenang Menuju ke Sel Telur HARIANHALUAN.COM – Sekelompok peneliti kesuburan pria dari University of Bristol, Inggris dan Universidad Nacional Autnoma de Mexico, Meksiko bikin heboh publik. Lantaran, mereka berhasil mengungkap bahwa cara sperma beren.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:51:05 WIB

    Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan

    Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan HARIANHALUAN.COM - Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua mengenai jenis kelamin anak yang sedang dikandung olleh sang ibu. salah satu cara paling umum yang dilakukan biasanya adalah melihatnnya menggunakan ultraso.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]