Prof  Yunahar Ilyas Telah Berpulang, Indonesian Kehilangan Ulama Besar Asal Sumbar


Jumat, 03 Januari 2020 - 09:51:49 WIB
Prof  Yunahar Ilyas Telah Berpulang, Indonesian Kehilangan Ulama Besar Asal Sumbar Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc berpulang pada Kamis 2 Januari 2020 pukul 23.47 WIB di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta. Foto/Facebook @Persyarikatan Muhammadiyah

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Indonesia kehilangan lagi seorang ulama panutan. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc meninggal dunia  pada Kamis 2 Januari 2020 pukul 23.47 WIB, di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta.

Selain menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah, Prof Yunahar juga merupakan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Yunahar Ilyas lahir di Bukittingi, Sumatera Barat, pada 22 September 1956. Almarhum menjadi anggota Muhammadiyah sejak 1986.

Jenazah Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) tersebut akan dimakamkan di Karangkajen, Yogyakarta, Jumat hari ini setelah waktu shalat Jumat.

“Innalilahi wainna ilaihi rajiun. ?Telah meninggal dunia ?Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas,Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 di RS. Sarjito Yogyakarta.? Semoga almarhun husnul khotimah.” jelas Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman.

 dr Agus Taufiqurrahman mengatakan, sosok Prof Yunahar merupakan ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah Islam.

"Bahkan dalam kondisi kurang sehatpun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," kenang Agus Taufiqurrahman.

Ucapan bela sungkawa atas berpulangnya  mengalir dari sejumlah tokoh nasional.? 

Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid. Dalam akun Twitter-nya @hnurwahid mengucapkan duka citanya yang mendalam.
Kami berduka cita, atas berpulangnya Buya Prof DR Yunahar Ilyas, LC. MAg. Smoga Allah karuniakan husnulkhatimah & aljannah, bersama para [email protected] Dan kita yg ditinggalkan dikaruniai ikhlas dan kemampuan unt lanjutkan dakwah dan perjuangannya. InnaaliLlahi…@muhammadiyah.

Hal senada juga diucapkan Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak. 

Di akun Twitternya @Dahnilanzar yang menuliskan, Indonesia kembali berduka, kita kehilangan Ulama nan lurus, Buya Prof Yunahar Ilyas, beliau adalah  Wakil Ketua Umum MUI dan juga ulama Muhammadiyah. Ulama ahli tafsir Al Quran ini adalal salah satu ulama yang buku-buku-nya rajin saya baca, pengajiannya selalu mencerahkan.
Dahnil juga menceritakan pengalaman dirinya yang pernah berdiskusi dengan almarhum.

"2017 yang lalu saya berdiskusi dan mohon restu dengan Buya Prof Yunahar Ilyas untuk membuat Perkumpulan baru bagi Ulama2 Muda Muhammadiyah, yg kemudian menyelenggarakan Kongres Ulama muda Muhammadiyah yg menghasilkan Tausiyah kebangsaan pada 2017 lalu," ujarnya.

Sedangkan mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Di akun Twitternya @Fahrihamzah menilai Yunahar Ilyas merupakan guru yang sabar.

"Dia adalah guru yang sabar…penuh ketekunan membina yang muda…semoga Allah SWT meempatkan almarhum di sisiNYA yg mulia…Amin YRA," tulisnya.

loading...
 Sumber : Sindonews.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]