Banjir Jabodetabek, Korban Meninggal Dunia  Sudah Capai 43 Orang


Jumat, 03 Januari 2020 - 14:04:00 WIB
Banjir Jabodetabek, Korban Meninggal Dunia  Sudah Capai 43 Orang Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo. (Foto: Antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Data terbaru yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, jumlah korban meninggal dunia karena banjir Jabodetabek sudah mencapai 43 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo mengungkapkan, data tersebut tercatat per hari ini Jumat (3/1/2019), pukul 09.00 WIB.

"Rinciannya yaitu, Jakarta Pusat satu, Jakarta Barat (1), Jakarta Timur (7), Kota Depok (3), Kota Bekasi (3), Kota Bogor (1), Kota Tangerang (1), Kota Tangerang Selatan (1), Kabupaten Bogor (16), Kabupaten Bekasi (1) dan Kabupaten Lebak (8)," tuturnya seperti dikutip dari laman resmi BNPB, Jumat.

Agus menyebutkan, ada beragam penyebab korban banjir Jabodetabek meninggal dunia. Penyebab itu seperti hilang satu orang, Hipotermia (3), terseret arus banjir (17), tersengat Listrik (5), tertimbun tanah longsor (12) dan dalam pendataan (5).

Sebelumnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dibantu TNI akan melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) guna mencegah banjir di wilayah Jabodetabek. TMC merupakan hasil Rakor Penanganan Banjir Jabodetabek di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, 2 Januari 2020.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengatakan, BPPT dan TNI akan melakukan empat sortie penerbangan dalam operasi TMC, Jumat (3/1/2020). 

"Dua sortie penerbangan rencananya mulai dilakukan pada pukul 09.00 WIB, sedangkan dua sortie selanjutnya pukul 13.00 WIB," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Kepala BNPB Doni Monardo menuturkan, TMC untuk mengurangi volume awan sehingga curah hujan yang turun lebih terkendali dan tidak menyebabkan banjir. "Volume awan yang kemungkinan bisa menjadi hujan harus dikurangi dari sekarang agar tidak menumpuk di satu waktu," katanya.(ins)

loading...
 Sumber : iNews.id /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 10:01:13 WIB

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan

    Pessel Dikepung Banjir, Bupati Hendrajoni Langsung Salurkan Bantuan HARIANHALUAN.COM - Banjir yang disebabkan oleh hujan deras dan angin kencang pada Rabu (23/9/2020) kemarin menggenangi pemukiman warga di Kabupaten Pessel. Banjir dengan debit air hingga lutut orang dewasa tersebut terjadi di.
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:31:36 WIB

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang menguyur pada beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatab (Pessel) dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di daerah tersebut, Rabu (23/9)..
  • Rabu, 23 September 2020 - 20:24:09 WIB

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel

    Selain Padang, Banjir Juga Terjadi di Kabupaten Pessel HARIANHALUAN.COM - Selain Kota Padang, banjir juga melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pesisir Selatan. Hingga kini, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tengah berjibaku untuk melakukan antisipa.
  • Ahad, 06 September 2020 - 19:37:33 WIB

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam

    Empat Nagari di Sumpur Kudus Dilanda Banjir, Puluhan Hektar Sawah Terendam HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang melanda hampir di seluruh kawasan wilayah Kabupaten Sijunjung sejak Jumat (4/6/2020) malam hingga Minggu (6/9/2020) mengakibatkan sejumlah nagari di Kecamatan Sumpur Kudus terdampak bencana.
  • Jumat, 04 September 2020 - 20:09:02 WIB

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir

    Tingginya Curah Hujan, Puluhan Rumah di Pasbar Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Akibat tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Pasaman Barat beberapa hari ini, puluhan rumah direndam banjir dengan ketinggian nyaris menenggelamkan rumah warga di kejorongan Irian dan Jorong Teluk Em.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]